William Guy Wall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cauterskill Falls on the Catskill Mountains, by William Guy Wall, 1826-27, Honolulu Museum of Art

William Guy Wall (1792–1864) adalah pelukis Amerika kelahiran Irlandia.

Wall lahir di Dublin pada tahun 1792 dan tiba di New York pada tahun 1812. Dia sudah menjadi seniman terlatih dan segera menjadi terkenal karena pemandangan cat airnya yang sensitif dari Lembah Sungai Hudson dan sekitarnya. Beberapa dari cat air ini diterbitkan sebagai ukiran oleh John Hill dan putranya John William Hill di Portofolio Sungai Hudson (New York, 1821-1825), salah satu publikasi pertama yang membuat orang Amerika sadar akan keindahan negara mereka sendiri. Lanskap Wall (dan beberapa bentang laut) adalah representasi langsung dari pemandangan menakjubkan Amerika—tidak diromantisasi atau diidealkan. Dia diklasifikasikan sebagai pelopor atau anggota awal sekolah Sungai Hudson. Wall adalah anggota pendiri National Academy of Design (New York) dan sering dipamerkan di institusi seperti Pennsylvania Academy of the Fine Arts (Philadelphia) dan Apollo Association (New York). Dia tinggal di Amerika dari tahun 1812 hingga 1835 dan lagi dari tahun 1856 hingga 1860. Dia kembali ke Irlandia pada tahun 1860 dan meninggal di Dublin pada tahun 1864. Putra William Guy Wall, William Archibald Wall (1828 – 1878), juga merupakan seorang lanskap pelukis.

Museum Amon Carter (Fort Worth, Texas), Museum Seni Honolulu, Museum Sungai Hudson (Yonkers, New York), Museum Seni Metropolitan dan New-York Historical Society adalah salah satu koleksi publik yang memiliki lukisan karya William Guy Wall.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Howat, John K., "A Picturesque Site in the Catskills: The Kaaterskill Falls as Painted by William Guy Wall", Honolulu Academy of Arts Journal, vol. I, 1974, 16.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]