Willard Rockwell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Willard Frederick Rockwell, Sr. (31 Maret 1888 - 16 Oktober 1978) adalah seorang pengusaha insinyur Amerika yang membantu membentuk dan memberi nama apa yang akhirnya menjadi perusahaan Rockwell International . Dia menciptakan dan mengarahkan sejumlah perusahaan besar dengan berbagai macam produk untuk mobil dan penerbangan dan industri terkait. Pada 1970-an ia adalah tokoh terkemuka di industri pertahanan Amerika. "Jika itu bergerak, kita mungkin membuat sesuatu di atasnya," adalah bualannya.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Boston, Massachusetts, di mana ayahnya adalah seorang kontraktor, Willard menghadiri sekolah umum sebelum menghadiri Massachusetts Institute of Technology selama tiga tahun. Pada 1909-1915 dia adalah chief engineer untuk beberapa perusahaan kecil. Pada 1915, ia pindah ke Cleveland Ohio, menjadi manajer perusahaan yang membuat as untuk mobil dan truk. Selama Perang Dunia I, dia adalah seorang spesialis sipil di Divisi Transportasi Motor Korps Quartermaster Angkatan Darat. Pada 1919, ia memulai perusahaan pertamanya di Oshkosh, Wisconsin. Dia menjualnya ke Timken-Detroit Axle Company 1928, tetap sebagai manajernya, dan juga direktur Timken. Ia menjadi presiden Timken pada 1933-40, dan ketua dewan 1940-53. Selama Perang Dunia II, ia menghasilkan 80 persen gandar untuk truk tentara besar, dan 75 persen pelat baja untuk tank.

Bersamaan dengan itu ia menjadi presiden beberapa perusahaan kecil. Dia menggabungkan mereka ke Timken pada tahun 1953 untuk membentuk Rockwell Spring and Axle Company, di mana dia menjadi ketua dewan. Pada tahun 1958, konglomeratnya berganti nama menjadi Perusahaan Standar Rockwell, dan menjadi salah satu pemasok suku cadang terbesar untuk industri mobil dan truk. Ini menghasilkan berbagai macam suku cadang mobil, seperti transmisi, roda gigi, mata air, bumper, dan terutama as untuk truk, bus, trem, traktor dan kendaraan bermotor lainnya. Pada 1947, perusahaan gabungannya memiliki 5.000 karyawan di 15 pabrik, dengan penjualan lebih dari $ 62 juta. Rockwell selalu menjadi insinyur di hati; Dia menerima beberapa paten, seperti satu pada tahun 1926 untuk "peningkatan reduksi ganda dan pembalikan konstruksi poros diferensial sangat berguna untuk as roda." [1]

Rockwell menjadi tertarik pada penerbangan setelah perang, dan menghasilkan berbagai bagian mesin, serta pesawat eksekutif kecil. Memperluas di luar transportasi, perusahaannya membuat meter untuk industri gas dan air. Dia juga membuat alat-alat listrik, katup, meteran taksi, dan meteran parkir. Sebagai contoh, Pittsburgh Equitable Meter dan Manufacturing Company adalah konglomerat, yang terdiri dari banyak perusahaan yang memproduksi barang mulai dari meter air hingga bantalan bola.

Pada tahun 1967, Rockwell-Standard bergabung dengan North American Aviation, menjadi North American-Rockwell; itu diubah namanya menjadi Rockwell International pada 1973. Ia menjabat sebagai ketua dewan sampai 1967. Perusahaan ini menjadi pemain utama dalam perlombaan ruang angkasa pada tahun 1960-an, dan merupakan kontraktor utama di pesawat ruang angkasa. Penjualan mencapai $ 6,3 miliar pada tahun 1979, peringkat itu nomor 11 dalam kontrak pertahanan, di samping kehadiran utamanya di pesawat komersial, elektronik, komponen otomotif. [4]

Banyak perusahaan besar membawa Rockwell ke dewan mereka, termasuk bank, perusahaan asuransi, dan kereta api.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Rockwell berasal dari keluarga Yankee dan menikahi Clara Thayer, keturunan John Alden yang tiba di kapal Mayflower pada 1620. Pasangan itu memiliki lima anak, Kay, Janet, Willard, Jr., Eleanor, dan Betty. Dia adalah seorang Baptis dan Republik. Dia membawa putranya Willard Frederick "Al" Rockwell, Jr. (1914-1992) [5] ke dalam jaringan bisnis keluarga pada tahun 1947, menjadi eksekutif senior pada sejumlah mereka sebelum mengambil alih pada pertengahan 1960-an, memimpin pekerjaan pada program NASA Apollo dan Space Shuttle hingga pensiunnya pada 1989. Willard Sr juga membawa saudaranya Walter F. Rockwell (1899-1973) ke dalam bisnis keluarga, menjadikannya presiden Timken-Detroit Axle 1933-1953, serta peran lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]