Lompat ke isi

Wilayah kajian liar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Wilayah Kajian Liar BLM.
Slinkard BLM Wilderness Study Area, California

Wilayah kajian liar (bahasa Inggris: wilderness study area atau WSA) merupakan tanah federal Amerika Serikat alami yang mempertahankan kepurbaannya tanpa campur tangan permanen atau tempat tinggal manusia dan mampu melindungi kondisi alamiahnya. WSA tidak termasuk dalam Sistem Pelestarian Kawasan Liar Nasional sampai Kongres Amerika Serikat mengesahkan Undang-Undang Kawasan Liar.

Di tanah Bureau of Land Management, WSA adalah daerah tanpa jalan yang dicatat (tetapi tidak ditetapkan oleh Kongres) dan diketahui memiliki ciri-ciri liar sesuai Pasal 603 Undang-Undang Kebijakan dan Pengelolaan Tanah Federal tahun 1976 dan Pasal 2(c) Undang-Undang Kawasan Liar tahun 1964. Ciri-ciri Wilayah Kajian Liar adalah:

  • Ukuran – daerah tanpa jalan berupa tanah publik dengan luas paling sedikit 5.000 ekar (20 km2) atau luasnya masuk akal;
  • Kealamian – biasanya lebih dipengaruhi oleh alam daripada aktivitas manusia;
  • Kesempatan – membuka kesempatan untuk menikmati kesunyian atau rekreasi tradisional dan terbuka.[1]

BLM mengelola wilayah kajian liar di bawah Sistem Pelestarian Lanskap Nasional untuk melindungi nilainya sebagai kawasan liar sampai Kongres memutuskan untuk menetapkannya sebagai kawasan liar. Rancangan undang-undang kawasan liar biasanya mencantumkan "bahasa ringkasan" yang menghapus WSA-WSA yang tidak ditetapkan sebagai kawasan liar.

Beberapa WSA dikelola layaknya kawasan liar. Ada juga yang mengizinkan aktivitas manusia, misalnya, sejumlah WSA membolehkan sepeda gunung dan kendaraan offroad.

Terdapat 545 wilayah kajian liar dengan luas total 12.790.291 ekar (51.760,47 km2).[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BLM official website, Wilderness Areas. Diarsipkan 2008-10-10 di Wayback Machine. accessed 9-10-08
  2. ^ "National Landscape Conservation System - Wilderness Study Areas" (PDF). Bureau of Land Management. December 2009. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-02-22. Diakses tanggal October 13, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]