Southeastern Maritime Industrial Region

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Greater Busan Area
동남 경제권
Kaki langit Greater Busan Area  동남 경제권
Lokasi Greater Busan Area  동남 경제권
Lokasi Greater Busan Area  동남 경제권
Negara

 Korea Selatan


Kota-kota Besar Busan Metropolitan City
Ulsan Metropolitan City
Changwon
Gimhae
Yangsan
Gyeongju
Pohang
Tongyeong
Geoje
Penduduk (2012)
 • Metro 7.720.226
  kombinasi semua kota besar
Southeastern Maritime Industrial Region
Hangeul
( )
Hanja 東南經濟
(벨트)
Alih Aksara yang Disempurnakan Dongnam gyeongjegwon (Namhaean gongeop belteu)
McCune–Reischauer Tongnam kyŏngchekwŏn (Namhaean kongŏp pelt'eu)

Southeastern Maritime Industrial Region, berpusat di sekitar pelabuhan kota Busan dan Ulsan, adalah wilayah metropolitan terbesar kedua di Republik Korea dalam hal populasi dan ekonomi. Ini juga merupakan wilayah industri untuk pembuatan kapal, perdagangan internasional, dan industri berat, seperti pembuatan mobil dan kimia.

Kawasan Industri[sunting | sunting sumber]

Southeastern Maritime Industrial Region adalah salah satu pusat industri utama Korea Selatan selain Wilayah Ibu Kota Metropolitan, yang terletak di sekitar Seoul. Kawasan ini mulai tumbuh sebagai pusat internasional untuk perdagangan dan kekuatan industri pada akhir tahun 1970, di mana pemerintah Korea Selatan mulai memperkenalkan rencana pembangunan nasional untuk memacu industri. Dalam satu dekade, dermaga nelayan kecil seperti Busan dan Ulsan tumbuh menjadi kota padat penduduk dengan lebih dari dua juta orang. Sementara itu, industri seperti manufaktur mobil dan pembuatan kapal berkembang pesat.

Saat ini, Southeastern Maritime Industrial Region terdiri dari beberapa kota industri khusus seperti Ulsan, Geoje, dan Busan. Busan merupakan pelabuhan terbesar ketiga di dunia dalam hal jumlah volume kargo, spesialisasi di bidang manufaktur mobil dan pembuatan kapal. Perusahaan galangan kapal Korea yang berbasis di sini antara lain Hyundai Heavy Industries, Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering, dan Samsung Heavy Industries. Industri pembuatan kapal Korea Selatan telah mengungguli Jepang.[1]. Terutama di Ulsan, di mana industri berat merupakan sumber pendapatan. Hyundai Auto dan perusahaan mobil lainnya secara perlahan mengambil posisi penting secara global.

Di kota-kota lain, seperti Pohang dan Changwon, tumbuh sebagai pusat industri baja dan penyulingan minyak. Di Pohang terdapat POSCO, perusahaan baja terbesar Korea, sedangkan Changwon adalah ibukota Gyeongsang Selatan. Gimhae dan Gyeongju merupakan tempat tujuan wisata populer.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)Korean shipbuilders see more Japan orders, joongangdaily. 26-05-2016