Wikipedia:Proposal peraturan penggunaan halaman pembicaraan pengguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.

Pada saat anda mendaftarkan akun, anda secara otomatis mendapatkan halaman pengguna, halaman pembicaraan pengguna dan halaman kontribusi.

  1. Halaman pembicaraan ditujukan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Karena tujuan ini, halaman pembicaraan anda juga secara teknis didesain menjadi satu satunya halaman yang memberikan pemberitahuan apabila halaman ini diubah. Karena itu untuk memberitahu pengguna lain bahwa anda telah menjawabnya, anda bisa meninggalkan pesan pada halaman pembicaraan pengguna mereka.
  2. Sebagai informasi teknis seluruh halaman ini akan ada selamanya, tidak bisa dihapus baik oleh anda sendiri ataupun pengurus walaupun anda memintanya. Hal yang paling mungkin yang dapat anda lakukan adalah mengosongkan halaman. Namun secara teknis halaman yang anda kosongkan dapat dikembalikan oleh pengguna lain.
  3. Seperti halaman lainnya di wikipedia, halaman ini dapat ditelusuri melalui tab versi terdahulu maupun kontribusi pengguna.
  4. Pengarsipan suatu halaman pembicaraan disarankan untuk dilakukan apabila halaman pembicaraan tersebut telah melewati batas 32KB, peringatan ini akan muncul karena lebih dari batas ini halaman umumnya menjadi lambat untuk tampil.

Halaman-halaman ini adalah hak anda namun ada beberapa batasan yang diterapkan pada halaman ini oleh komunitas.


Hormati Halaman Pembicaraan Pengguna Anda

Pada dasarnya halaman pembicaraan pengguna berbeda dengan halaman pengguna. Halaman pembicaraan pengguna ditulis bersama-sama oleh beberapa pengguna yang saling berdiskusi. Jadi pemilik halaman pembicaraan pengguna tidak memiliki kekuasaan mutlak untuk menulis, menyunting, atau menghilangkan apapun di halaman pembicaraan penggunanya. Namun ia tetap memiliki hak untuk merapikannya agar mudah dibaca dengan caranya sendiri, selama tidak menghalangi pengguna lain untuk meninggalkan pesan.

Pengurus bisa menegur, melakukan pengembalian atau pembatalan suntingan, perlindungan, atau semi perlindungan atas halaman pembicaraan pengguna seseorang, bahkan melakukan blokir bagi pengguna yang dianggap menghalang-halangi pengguna lain untuk meninggalkan pesan di halaman pembicaraan penggunanya. Tindakan yang diambil atas pelanggaran peraturan ini disesuaikan dengan tingkat keseriusan pelanggaran dan frekuensi berulangnya pelanggaran yang sama oleh pengguna.

Perlu diperhatikan bahwa halaman pembicaraan pengguna bukanlah tempat menguji coba suntingan. Silakan gunakan bak pasir untuk hal seperti ini.

Kewajiban pemilik halaman[sunting sumber]

Halaman pembicaraan pengguna diciptakan untuk sarana berdiskusi antar sesama pengguna. Pemiliknya diberikan pemberitahuan setiap kali pengguna lain menulisinya dalam bentuk kotak kuning yang sangat menyolok, sehingga semua pengguna dianggap tahu dan bisa membaca bila ada pengguna lain yang menulis atau mengirim pesan pada halaman pembicaraannya. Sangat disarankan membalas pesan tersebut, selama isinya bukan pelecehan personal, serangan gender atau SARA, ajakan bersekongkol untuk merusak Wikipedia, atau hasutan untuk melawan hukum serta hal-hal yang tidak baik lainnya.

Namun jika pesan yang ditulis berisi peringatan atau teguran atas kesalahan yang dilakukan, maka pemilik akun wajib menjawab paling lambat 7 (tujuh) hari sejak peringatan diberikan. Kelalaian menjawab hal ini bisa berakhir dengan teguran oleh pengurus atau pengguna lain. Jika terjadi berkali-kali, maka pengurus bisa melakukan pemblokiran.

Menjawab pesan[sunting sumber]

Pengguna bisa memilih salah satu dari dua cara untuk menjawab pesan dari pengguna lain di halaman pembicaraan penggunanya, yaitu:

  • Membalas pesan pada halaman pembicaraan pengguna pihak yang telah mengirim/meninggalkan pesan.
  • Membalas pesan langsung di bawah pesan yang masuk tersebut (di halaman pembicaraan pengguna sendiri).

Namun sebaiknya pesan balasan ditulis pada halaman pembicaraan pengguna pihak yang mengirim pesan untuk menciptakan keseimbangan interaksi dan memudahkan lawan diskusi untuk mengetahui dengan cepat bahwa ada pesan yang masuk. Kecuali jika telah bersepakat dengan lawan diskusi, maka di luar halaman tersebut tidak dianggap respon atas pesan.

Diperbolehkan tidak menjawab pesan, apabila pesan tersebut tidak disenangi oleh pemilik halaman pembicaraan pengguna atau berisi hal-hal yang dianggap tidak baik atau tidak konstruktif bagi perkembangan Wikipedia.

Menghormati pesan yang ditinggalkan[sunting sumber]

Pesan yang ditinggalkan oleh pengguna lain maupun jawabannya tidak boleh dimodifikasi. Bahkan jika penulisnya secara tidak sengaja melakukan kesalahan ketik, disarankan untuk tidak memperbaikinya. Sebuah pesan tidak boleh dicoret, dihapus, ditambahi, atau dikurangi, kecuali oleh pembuat pesan itu sendiri. Namun pemilik halaman atau pengguna lain bisa membantu memunculkan nama penulis pesan, jika pesan yang ditinggalkan tanpa membubuhi tandatangan dengan empat tilda ~~~~

Berdiskusi dengan baik dan sopan[sunting sumber]

Saat berdiskusi, gunakan kalimat yang baik dan sopan serta menghargai hak orang lain untuk berpendapat. Pengguna bisa ditegur atau diblokir jika menanggapi pesan yang ditinggalkan di halaman pembicaraan penggunanya dengan emosi, kata-kata kasar dan agresif, atau ancaman.

Menjaga kebersihan dan kerapian tampilan[sunting sumber]

Dalam kurun waktu tertentu, pemilik halaman diminta merapikan dan mengarsipkan pesan di halaman pembicaraan penggunanya dengan memindahkan isinya ke halaman khusus arsip pembicaraan pengguna. Hal ini diperlukan agar pengguna lain mudah mengikuti kronologi pembicaraan yang ada di sana.

Pesan yang bisa diarsipkan adalah yang dianggap sudah selesai diskusinya dengan kriteria tidak ada lagi tanggapan baik dari pemilik halaman pembicaraan pengguna maupun lawan diskusinya selama 3 (tiga) hari.

Hak pemilik halaman[sunting sumber]

Pengguna akun bisa mengarsipkan pembicaraan pengguna yang dimilikinya, yang berarti pula ia bisa menghapus, menyembunyikan, atau menyunting sebagian atau keseluruhan isi di dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan kerapian. Namun ia harus menghormati upaya pengguna lain atau pengurus untuk berdiskusi melalui halaman tersebut. Sehingga bila pembicaraan dianggap belum selesai, maka pemilik halaman pembicaraan pengguna tidak bisa menghapus runtutan pembicaraan yang dimaksud.

Pengarsipan halaman pembicaraan pengguna[sunting sumber]

Pengarsipan berarti memindahkan isi pembicaraan ke halaman lain dan menghapus pembicaraan aslinya di halaman pembicaraan pengguna. Pengarsipan hanya boleh dilakukan jika dalam 3 hari pembicaraan terakhir ditulis tidak ada lagi balasan, baik oleh pemilik halaman pembicaraan pengguna ataupun lawan diskusinya (dihitung yang paling akhir dari runtutan pembicaraan).

Tidak dianggap mengarsipkan bila pemilik halaman pembicaraan pengguna hanya mengosongkan halaman tersebut tanpa upaya memindahkan sebagian atau seluruh isinya ke halaman khusus.

Memindahkan media diskusi[sunting sumber]

Jika dianggap perlu, maka pemilik halaman pembicaraan pengguna bisa bersepakat dengan lawan diskusinya untuk berpindah tempat diskusi. Contohnya, namun tidak terbatas pada: Warung Kopi, surel, media sosial, atau chatroom. Tiga hari setelah kesepakatan, maka pembicaraan awal yang ada di halaman pembicaraan pengguna bisa diarsipkan.

Menghiasi halaman pembicaraan pengguna[sunting sumber]

Pengguna boleh mengubah tampilan halaman pembicaraaan pengguna dengan memasukkan kode html dan wiki tertentu selama tidak mempersulit pengguna lain untuk meninggalkan pesan di halaman pembicaraan penggunanya. Pengurus berhak mengembalikan pengubahan halaman yang dianggap mempersulit atau menghalangi pengguna lain dalam meninggalkan pesan kepada pemilik halaman pembicaraan pengguna.

Menghilangkan pelecehan personal dan pengacauan halaman pembicaraan pengguna[sunting sumber]

Dalam keadaan mengalami pelecehan personal atau pun serangan gender atau SARA, pemilik halaman pembicaraan pengguna bisa menghilangkan pesan yang dimaksud dengan syarat melaporkannya kepada pengurus sesaat sebelum atau setelah melakukannya.

Pemilik halaman pembicaraan pengguna juga berhak mengembalikan tampilan halamannya yang telah disunting oleh pengguna lain dengan tujuan merusak atau vandalisme.

Pengecualian[sunting sumber]

Peraturan ini tetap memahami bahwa tidak seluruh pengguna bisa setiap saat menjawab pesan yang ditinggalkan oleh pengguna lain. Karena itu sebelum melakukan tindakan atas pelanggaran terhadap hal-hal yang telah disebutkan di atas, pengurus harus mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Tanggal terakhir kali berkontribusi[sunting sumber]

Pemilik halaman pembicaraan pengguna mungkin tidak memiliki waktu di dunia nyata untuk log masuk ke wikipedia dan membaca seluruh pesan yang ditulis di halaman pembicaraan penggunanya. Karena itu penanda dibaca atau belumnya pesan tersebut oleh pengguna adalah tanggal terakhir kali ia berkontribusi. Kewajiban-kewajiban di atas hanya berlaku bila dari daftar kontribusi telah terlihat aktivitasnya menulis halaman, setelah pengguna lain meninggalkan pesan di halaman pembicaraan penggunanya.

Pengguna baru[sunting sumber]

Keringanan dan pemakluman juga diberikan kepada pengguna baru yang belum menguasai cara berdiskusi melalui halaman pembicaraan pengguna. Dengan demikian, pengguna yang baru bergabung kurang dari 1 (satu) bulan perlu dihindarkan dari tindakan teguran atau pemblokiran jika tidak menanggapi halaman pembicaraan penggunanya. Namun pengurus dan pengguna yang sudah lebih lama bergabung bisa menyarankan dan mengajarkan pengguna baru tersebut untuk mempelajari cara berdiskusi melalui halaman pembicaraan pengguna.

Pemakluman ini tidak menghindarkan pengguna baru dari tindakan blokir yang dianggap perlu atas kesalahan atau vandalisme yang berulang.

Hormati halaman pembicaraan pengguna lain[sunting sumber]

  • Anda disarankan untuk menggunakan kalimat yang baik dan sopan saat meninggalkan pesan di halaman pembicaraan pengguna lain untuk menunjukkan penghargaan terhadap hak orang lain dalam berpendapat. Sangsi untuk hal ini termasuk teguran dari pengguna lain hingga blokir* oleh pengurus berdasarkan permintaan apabila tanggapan dilakukan dengan kasar (agresif) hingga bernada mengancam. (*Blokir memiliki masa minimum satu jam dan maksimum selamanya).
  • Halaman pembicaraan pengguna lain dapat dikosongkan dan dihapus oleh pemiliknya bila mereka tidak menyukai pesan yang anda tinggalkan. Pemilik halaman pembicaraan diijinkan untuk melakukan hal tersebut walaupun saran umum adalah untuk mengarsipnya. Apabila anda merasa tersinggung, anda bisa membawa persoalan ke Warung Kopi agar dikomentari oleh pengguna lain.

Pembatasan pada penghapusan peringatan[sunting sumber]

  • Peringatan bukanlah pesan pribadi antar pengguna satu pada pengguna lainnya. Peringatan bersifat umum dan biasanya menggunakan templat, walaupun ditinggalkan oleh pengguna lain - hal ini dilakukan untuk melindungi ensiklopedia dari perbuatan vandal. Ada tiga macam peringatan yang bisa ditinggalkan oleh pengguna lain maupun pengurus ditempat anda yang tidak boleh anda hapus:
  1. Catatan vandal yang dilakukan oleh pengguna pada artikel di Wikipedia
  2. Catatan pengguna siluman lain yang diperkirakan oleh pengurus/pengguna lain dioperasikan oleh anda
  3. Catatan yang terkait dengan berkas/isi yang mungkin memiliki pelanggaran hak cipta
  4. Catatan blokir terkait dengan aktivitas anda di Wikipedia Bahasa Indonesia
  • Karena ada pembatasan pada peringatan yang diberikan pengguna lain, dengan tujuan melindungi proyek ensiklopedia bebas, pengguna lain dapat mengembalikan keempat jenis peringatan di atas apabila anda hapus.
  • Sangsi: penghapusan berkali kali dapat mengakibatkan nama pengguna anda diblokir sementara oleh pengurus.

Menghapus peringatan[sunting sumber]

  • Namun tidak menutup kemungkinan bahwa peringatan-peringatan ini ditinggalkan oleh pengguna lain dengan keliru dan anda hendak meluruskannya. Dengan asumsi bahwa anda ingin meluruskannya di tempat publik, silahkan tinggalkan pesan di Warung Kopi:Kebijakan dengan keluhan anda. Setelah masalah diluruskan anda dipersilahkan untuk menghapus peringatan yang keliru ini.