Wikipedia:Penyewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wikipedia bukanlah sebuah direktori, dan untuk alasan itu kita harus menghindari menyertakan daftar penyewa (tenant) di artikel pusat perbelanjaan (kecuali dalam keadaan yang dijelaskan di bawah). Yang dimaksud penyewa termasuk toko ritel, restoran, dan layanan lainnya (seperti bioskop). Oleh karena itu, sebaiknya penulis menyertakan tautan ke situs web resmi (jika ada) di bawah judul "Pranala luar", dimana pembaca dapat langsung melihat direktori toko secara lengkap dan lebih menarik. Aturan ini dapat juga berlaku untuk jenis bangunan lain, termasuk gedung perkantoran.

Penulis artikel juga harus menahan diri untuk menyebut penyewa tertentu (baik yang ada saat ini atau pernah ada sebelumnya), kecuali penyewa tersebut memiliki peran penting dalam sejarah pusat perbelanjaan tertentu, dan referensi penyewa yang membantu dalam membangun ketenaran tempat tersebut. Misalnya, beberapa referensi ke penyewa bersifat ensiklopedis dan bisa dibilang pantas dimasukkan dalam sebuah artikel (misalnya "Toko ACE terbesar kedua di negara ini ada di Mall XYZ" atau "H&M membuka toko pertamanya di Kanada Barat, di Galeri XYZ") , sedangkan yang lain tidak (mis. "Cabang Verizon Wireless yang teranyar dibuka baru-baru ini di bagian selatan mal XYZ"). Dengan kata lain, nama penyewa tidak boleh disebutkan dalam sebuah artikel hanya karena ukurannya besar atau lokasinya strategis di dalam mal, atau semata-mata karena eksis di mal.

Sebuah artikel tentang pusat perbelanjaan tidak perlu "mengulang" informasi tentang penyewa tertentu yang tidak unik bagi mal yang bersangkutan ataupun bila lebih tepat dibuatkan artikel tentang penyewa itu sendiri. Misalnya, setiap artikel di mal yang berisi Macy's tidak perlu mengulang informasi yang sudah bisa ditemukan di artikel Macy's (department store) dan Macy's, Inc.

Mengingat keunggulan dan peran yang dimainkan penyewa besar (anchor) dalam menarik pelanggan mereka dalam pusat perbelanjaan, nama mereka mungkin dapat disebut dalam sebuah artikel, selama toko tersebut diidentifikasi sebagai penyewa besar dalam sumber yang dapat dipercaya. Tidak semua sumber yang membahas anchor di mal selalu dapat diandalkan atau terpercaya; dalam beberapa kasus, mungkin perlu ada diskusi dan konsensus diantara editor mengenai apakah pantas atau tidaknya suatu sumber rujukan. Daftar jangkar yang tidak bersumber dapat melanggar Wikipedia:Bukan riset asli dan Wikipedia:Pemastian. Jangan menempatkan toko jangkar dalam format berbentuk daftar.