Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Nicholas Michael Halim untuk pengurus 1 Februari 2020/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2020, Nicholas Michael Halim (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 15 Januari hingga 28 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Glorious Engine

  1. Apa solusi Anda terhadap proyek Daftar pilihan yang terbengkalai karena ditekan sepihak oleh bung Mimi ?
    Maksud dari ditekan apa dulu nih, saya kurang paham.
  2. Apakah sistem pengusulan AP lebih baik memakai sistem voting lama atau memakai sistem review yang dicetuskan HaEr ?
    Menurut saya, lebih baik memakai sistem review yang dicetuskan oleh HaEr. Karena kalo sistem voting yang lama, biasanya kita hanya beri pernyataan setuju atau tidak setuju saja tanpa disertai dengan saran2: seperti penggantian kalimat, penambahan kata, dll.
  3. Apa solusi Anda agar pengusulan AP dapat terus bertambah dan banyak pula yang disetujui supaya tak lagi jadi kuburan ?
    Pertama, mungkin para wikipediawan/wati harus lebih semangat mencari artikel-artikel yang telah memenuhi syarat menjadi AP. Kedua, mungkin dengan membuat semacam lomba, dimana pemenangnya akan mendapat hadiah (sprt. Kartu pos, bintang wiki).
  4. Apa solusi Anda agar tak ada lagi insiden pencabutan RusdianaDablang dan Hanamanteo yang tersandung skandal tak lama usai diangkat jadi pengurus ?
    Menurut saya sih, kita harus lebih hati2 atau waspada dengan cara mengetahui sifat calonnya, entah dia suka marah2 atau baperan, terus lihat log pemblokirannya, apakah dia pernah diblokir karena sesuatu, entah vandalisme, pelecehan, ataupun suka menghilangkan templat kembangkan.
  5. Apa solusi Anda supaya tak bosan menyunting/membuat artikel di Wikipedia ? Atau mungkin dibiarkan saja bosan dan beralih ke kegiatan lain ? Sebutkan kegiatan apa itu ?
    Bagi saya, solusi agar tidak bosan menyunting ataupun membuat artikel di wikipedia ialah dengan menyunting atau membuat artikel dengan topik yang kalian suka. Seperti, saya sukanya artikel tentang Bollywood dan biografi pemeran India, maka saya akan menyunting artikel tentang topik tersebut. Kalau misalkan saya disuruh ngebuat artikel tentang sejarah mungkin saya udh males duluan kali. Dan misalkan jika dibiarkan menjadi bosan, menurut saya kegiatannya yang tepat adalah belajar (entah belajar tentang matematika, sejarah). Biar otak kita tuh pinter.

--Glorious Engine (bicara) 14 Januari 2020 08.56 (UTC)[balas]

Hanamanteo

  1. Anda tergolong jarang melakukan patroli perubahan dan halaman terbaru. Sepertinya Anda juga hanya berfokus mengembangkan artikel terkait perfilman India. Jika Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih aktif melakukan patroli perubahan dan halaman terbaru?
    Maaf ya kalo saya jarang melakukan patroli, tapi setelah saya menjadi pengurus, saya akan sering2in patroli.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Tergantung, kalo pernah divandalisme meningan langsung diperiksa ajah. Daripada hal tersebut diulangi dan terus gak ketauan selama bertahun2.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Mutu. Karena kalo artikelnya banyak tapi gak memenuhi kriteria ya percuma.
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Dengan mengunjungi halaman Istimewa:Halaman Tertinjau Usang atau bisa juga membicarakannya dengan pengguna lain tentang apakah perubahan tersebut dapat disetujui atau ditolak.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Terdapat juga banyak pengusulan penghapusan yang belum kunjung ditutup selama berbulan-bulan. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Kalau berkas tak terpakai, saya akan menghapusnya daripada sia2. Kalau pengalihan rusak, saya akan mengubahnya biar pengalihan tersebut benar. Kalau kategori tak terpakai, saya akan menghapusnya juga. Kalau soal pengusulan penghapusan artikel, saya akan mengecek pengusulan tersebut dan melihat artikel yang diusulkan, apakah artikel tersebut pantas untuk dihapus atau tidak. Kalau soal artikel baru tak layak yang lolos, mungkin saya akan sering2in cek halaman Istimewa:Halaman Baru.

Rachmat04

  1. Bidang administratif apakah yang Anda hendak tangani apabila terpilih menjadi pengurus kelak?
    Bidang administratif yang akan saya lakukan ialah membuat banyak artikel rintisan (pastinya memenuhi kriteria) untuk meningkatkan jumlah artikel di WBI, melakukan patroli, menghapus artikel yang tidak memenuhi kriteria kelayakan, menghapus artikel yang melanggar hak cipta, dan melindungi suatu artikel yang rawan terkena vandalisme.
  2. Kontribusi manakah yang Anda anggap terbaik yang pernah Anda lakukan di sini?
    Yang saya anggap terbaik ialah Dilwale Dulhania Le Jayenge dan Rani Mukerji, serta beberapa artikel daftar, meski gak ada yang jadi AP/DP, malahan hadiahnya tag periksaterjemahan.
  3. Pernahkah Anda terlibat dalam konflik dengan pengguna lain dalam hal menyunting artikel tertentu atau apakah ada pengguna lain yang membuat Anda stres? Bagaimana Anda menyikapinya dan jika terulang lagi di masa depan bagaimana Anda akan menyikapinya?
    Ya, dulu saya suka pake google translate, terus saya ditegur sampai 3 kali. Dan semenjak itu saya berusaha untuk membuat artikel tanpa google translate (masih pake google translate sih, tapi gak asal copy paste) biar gak terulang hal seperti itu lagi.

HaEr48

  1. Dari semua kontribusi Bung selama ini, bagian mana yang menurut Bung paling berguna sebagai persiapan atau gambaran untuk tugas-tugas pengurus?
    Menurut saya, adalah melakukan patroli, memeriksa kelayakan artikel, dan membuat artikel2 (rintisan).

Alqhaderi Aliffianiko

  1. Sebagai perwakilan dari koordinator Stasiun Kereta Api Indonesia hanya menanyakan satu saja pertanyaan, terkait dengan berkas-berkas bermasalah. Jadi, kami merencanakan penghapusan berkas-berkas bermasalah hak cipta dan berkas-berkas nonbebas yang tidak pernah dipakai, yang timbunannya ada di berkas tidak terpakai. Selain itu, terkait berkas nonbebas yang belum mempergunakan {{Non-free use rationale}} atau {{Non-free use rationale 2}}, kira-kira langkah apa yang bisa Anda ambil? Jika berkas tersebut sudah memenuhi alasan penggunaan media nonbebas, apakah Anda mau menandainya dengan image has rationale=yes? Karena masih banyak yang memerlukan peninjauan. Nuwun.
    Oke. Terkait dengan berkas2 non bebas yang tak menggunakan {{Non-free use rationale}} atau {{Non-free use rationale 2}}, menurut saya lebih baik dihapus, kecuali kalo berkas tersebut di ambil dari WP berbahasa lain yang kebetulan tak menggunakan templat tersebut. Terus kalo yang kedua, pasti saya akan menambahkan image has rationale=yes dengan catatan berkas tersebut memiliki lisensi yang tepat.

Alqhaderi Aliffianiko (bicara) 23 Januari 2020 00.40 (UTC)[balas]

Bagas Chrisara

  1. Pertanyaan saya semuanya terkait berkas.
  • Menurut Anda, apakah berkas ini sudah memenuhi alasan pengguna berkas nonbebas? Jika sudah, mohon jelaskan mengapa Anda berpikir demikian, begitu pula sebaliknya.
  • Apakah ada yang keliru pada berkas ini? Jika ada, mohon jelaskan secara singkat.
  • Undang-undang hak cipta manakah yang berlaku di proyek Wikimedia? (seluruh proyek Yayasan Wikimedia, bukan hanya Wikipedia bahasa Indonesia)
Jawaban Anda mempengaruhi pilihan saya. Apabila Anda menjawab dengan tepat, saya akan mempertimbangkan untuk mendukung pencalonan Anda. Apabila jawaban Anda kurang memuaskan, maka saya akan memilih abstain.
  1. 1. Belum, karena gambar tersebut belum menggunakan templat {{non-free use rationale poster}}.
    2. Gambar tersebut memiliki templat yang tidak sesuai karena templat yang digunakan pada gambar tersebut dikhususkan untuk cuplikan layar suatu situs web, bukan gambar yang diambil dari sebuah situs web.
    3. Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi (CC BY-SA 3.0), domain publik, undang-undang hak cipta Indonesia, Amerika Serikat, India

Veracious

Terkait dengan pertanyaan di atas, saya lihat anda mengutamakan mutu dalam memberikan status/hak "editor" ataupun "peninjau otomatis". Apa yang anda lakukan bila anda mendapati seorang editor atau peninjau yang:

  1. Membuat artikel suatu perusahaan/produk/tokoh yang tidak memenuhi kelayakan (bersifat promosi)
    Kalau misalkan si editor/peninjau tersebut baru membuat satu atau dua artikel yang bersifat promosi, saya akan tegur/beri peringatan, tetapi kalo misalkan si editor/peninjau tersebut udah buat artikel promosi banyaaaaaaaaaaaaaaak banget, langsung saya blokir.
  2. Melampirkan/memakai sumber referensi yang tidak kredibel, ataupun menggunakan blog pribadi milik si editor/peninjau.
    Saya akan menghapus referensi yang tidak kredibel tersebut, kemudian saya ingatkan pengguna tersebut, tetapi kalo misalkan masih ngeyel, saya akan langsung blokir.
  3. Menerjemahkan artikel secara asal-asalan
    Saya baca dulu artikelnya, kalau misalkan menurut saya udah lumayan dapat dimengerti, saya tidak tegur, tetapi kalo misalkan gak ada yang ngerti, akan langsung saya tegur, tetapi kalo masih ngotot, saya blokir selama beberapa hari, tetapi kalo masih ngotot juga, saya blokir selamanya.
  4. Menandai suntingan yang jelas-jelas vandal sebagai terperiksa
    Saya tanya dulu ke si editor/peninjau, alasan dia menyetujui suntingan vandal tersebut, kalo misalkan dia bilang gak sengaja kepencet, saya maafin, tapi kalo dia sendiri ngelakuin, terus menyetujui suntingan vandal berkali-kali, saya blokir.
  5. Melakukan vanitas
    Ya langsung saya hapus artikel/mengembalikan suntingan tersebut, terus saya tanya ke si pengguna tersebut, alasan dia melakukan hal tersebut. Terus kalo udah saya tegur, masih tetep aja ngelakuin, saya cabut status penggunanya, dan blokir.

Lihat pula