Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Bozky untuk pengurus 5 Februari 2014/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2014, Bozky (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 20 Januari 2014 hingga 3 Februari 2014. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani di bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Albert Christian[sunting sumber]

Tanya ke-1[sunting sumber]

  1. Menurut anda apa saja tugas dari seorang pengurus Wikipedia dan apakah mereka perlu memberikan laporan pertanggungjawaban setiap tahunnya kepada komunitas Wikipedia?
  2. Apakah menurut anda sebaiknya jabatan pengurus diberi masa jabatan saja misalnya cuma lima tahun atau tiap tahun semua jabatan pengurus harus dicabut dan harus diadakan pemilihan ulang agar terjadinya regenerasi kepada pengguna yang lebih muda?
  3. Lalu menurut apakah pengurus selalu benar? Lalu bagaimana kalau mereka salah dan bertindak seolah-olah benar dan pada saat ada yang protes dan mengkritisi kebijakan mereka lalu mereka mengusir pengguna yang kritis dengan cara memblokir mereka? Dan terkadang tindakan ini tampak benar dengan memberikan alasan pengguna yang kritis itu melakukan vandalisme.

Albert Christian (bicara) 20 Januari 2014 03.57 (UTC)[balas]

Jawab ke-1[sunting sumber]

  1. Menurut saya, seorang pengurus di Wikipedia, tidak perlu memberikan laporan pertanggungjawaban, karena semua hal-hal yang dilakukan pengurus bisa kita lihat semua di halaman kontribusi yang bersangkutan dan halaman log (penghapusan, perlindungan, perubahan hak akses dan lain sebagainya). Tugas pokok seorang pengurus adalah menjaga kebersihan, menjaga ketenangan, dan menjaga kelayakan seluruh artikel yang ada di Wikipedia. Untuk menunjang tugasnya tersebut seorang pengurus akan diberikan peralatan khusus yang dapat digunakan untuk antara lain :
    • Memblokir akun pengguna dan alamat IP dari penyunting untuk mencegah vandalisme berulang.
    • Menerapkan perlindungan halaman yang dapat membatasi suntingan dari suatu halaman tertentu, untuk menyelesaikan jika terjadi perang suntingan.
    • Menghapus halaman serta melihat dan mengembalikan halaman yang telah dihapus.
    • Menyunting halaman dengan perlindungan penuh.
    Selain tugas-tugas tersebut diatas, seorang pengurus diharapkan juga dapat berperan dalam menilai suatu diskusi-diskusi yang terjadi dan mengangkat para editor dan pengembali revisi.
  2. Karena sifatnya yang sukarela dan sosial, Pengurus Wikipedia tidak perlu diberikan masa jabatan. Selama pengurus yang bersangkutan tetap aktif dan menjalankan tugasnya, selama itu pula dia bisa menjadi pengurus di Wikipedia. Regenerasi tidak perlu dilakukan menurut waktu tertentu, karena belum tentu juga seorang pengurus yang sudah tua tidak patut lagi menjadi seorang pengurus atau sebaliknya seorang pengguna yang masih muda belum patut menjadi pengurus.
  3. Pengurus adalah juga seorang pengguna Wikipedia biasa pada awalnya yang kemudian dipilih oleh pengguna yang lain berdasarkan persyaratan yang sudah ditetapkan, yang salah satunya adalah aktif berinteraksi positif sesama pengguna yang lain. Seorang pengurus melakukan tindakan kepada pengguna lain, tentunya berdasarkan suatu alasan atau sebab yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam hal melakukan kesalahan administrasi atau teknis pada persoalan penyuntingan sebuah artikel, tentunya dapat diselesaikan dengan sebuah diskusi pada halaman pembicaraan. Dan apabila ada seorang pengguna yang masih merasa tidak puasa atas tindakan dari seorang pengurus, tentunya pengguna tersebut dapat melaporkan dan mendiskusikan dengan para birokrat. Benang merahnya adalah, komunikasi yang baik dan positif menjadi solusi penyelesaian yang terbaik.

Demikian jawaban dari saya. Jika masih ingin bertanya, dengan senang hati saya akan segera menjawabnya. Semoga berkenan, Bozky(bicara) 20 Januari 2014 11.01 (UTC)[balas]

Tanya ke-2[sunting sumber]

  1. Apabila ada yang tidak puas dengan tindakan anda sebagai seorang pengurus di WBI dan ada salah satu pengguna atau salah satu pihak yang merasa tersinggung dengan tindakan anda dan membawa masalah ini ke ranah hukum apa tindakan yang akan anda lakukan?
  2. Menurut anda berapa jumlah ideal pengurus WBI saat ini?
  3. Menurut anda apakah artikel mengenai desa dan kelurahan yang hanya terdiri dari satu artikel dan tidak ada sumber apakah layak ada di Wikipedia atau tidak? Kalau tidak apakah setelah menjadi pengurus anda mau menghapus semua artikel tersebut denga risiko anda akan dituduh melakukan vandalisme karena melakukan penghapusan besar-besaran?

Albert Christian (bicara) 22 Januari 2014 03.53 (UTC)[balas]

Jawab ke-2[sunting sumber]

  1. Dalam konteks sebagai pengurus, melakukan tindakan teknis terhadap hal-hal yang sudah diatur dalam kebijakan wikipedia tentunya hal ini tidak dapat dikatakan sebagai perbuatan melawan hukum. Akan lain halnya jika si pengurus benar-benar melakukan perbuatan melawan hukum baik di kehidupan nyata atau melalui media wikipedia terhadap pengguna atau subyek tertentu. Dalam berinteraksi sesama pengguna, Yayasan Wikimedia selaku pemilik proyek Wikipedia, sudah mengaturnya dalam kebijakan penggunaan. Dan bagi pengguna yang melakukan ancaman hukum juga sudah diatur dalam kebijakan perilaku. Bagi yang tidak puas, saya rasa bisa diselesaikan dengan berdiskusi dan bermusyawarah untuk mencapai konsensus (bisa hasil mufakat atau hasil voting). Wikipedia sudah mengatur hal ini di pedoman penyelesaian perselisihan. Kemudian bagi pengguna yang tersinggung, konteksnya menurut saya mungkin terlalu luas. Biasanya orang benar-benar tersinggung jika orang lain telah melukai harkat dan martabat serta harga dirinya. Selama si pengurus bisa tetap menghargai semua itu, saya yakin tidak akan ada pengguna yang tersinggung. Mungkin lebih tepatnya adalah ada pengguna yang tidak suka atas tindakan pengurus dan hal itu pasti selalu ada.
  2. Jumlah pengurus ideal ? Sejauh yang saya tahu, Wikipedia tidak menentukan jumlah pengurus ideal sebagaimana dimaksud. Dan juga menurut yang saya pahami, kondisi ideal akan berbeda menurut sudut pandang setiap orang, setiap waktu dan setiap keadaan. Kondisi ideal wanita cantik menurut saya tentu berbeda dengan kondisi ideal wanita cantik menurut orang lain. Kalau boleh, saya lebih senang menggunakan kata optimal. Berdasarkan data terakhir dari statistik wikipedia, di Wikipedia Bahasa Indonesia terdapat 529.064 pengguna terdaftar, 1.779 pengguna aktif, 21 pengguna pengurus, dan 331.442 artikel. Kalau kita menghitung perbandingan antara pengurus dengan pengguna aktif maka prosentasenya adalah 1.18%. Kondisi yang sama juga terjadi di Wikipedia Bahasa Inggris dengan 20.570.922 pengguna terdaftar, 119.298 pengguna aktif, 1.419 pengguna pengurus sehingga prosentasenya adalah 1.19%. Kalau menurut sudut pandang saya mungkin yang optimal adalah 2% dari pengguna aktif. Jadi artinya kalau misalnya ada 1000 pengguna aktif, ada 20 pengurus yang masing-masing dapat membantu 50 pengguna aktif . Hal ini terjadi di Wikipedia Bahasa Vietnam, dengan 368.936 pengguna terdaftar, 1004 pengguna aktif dengan 29 pengurus.
  3. Pertama : Semua unsur kelayakan suatu artikel sudah diatur dalam sebuah kebijakan atau pedoman kelayakan suatu artikel. Jadi apabila ada suatu artikel yang tidak layak, maka idealnya harus dihapus. Tetapi sebagai pengurus kita juga tidak boleh semena-mena dalam menghapus sebuah artikel. Ada tahapan-tahapan yang harus dipertimbangkan, dan kita bisa membacanya di kebijakan penghapusan.

    Kedua : Khusus kasus mengenai artikel baru yang hanya berisi satu baris, atau lebih tepatnya satu kalimat, saya berada pada posisi netral. Saya setuju, dengan catatan, artikel tersebut harus kemudian dikembangkan menjadi artikel yang lebih banyak informasinya. Saya tidak setuju, kalau pembuatan artikel satu baris tersebut dilakukan secara masal dalam kurun waktu tertentu sekaligus. Alasan saya adalah bagaimana mungkin kita mengembangkan artikel tersebut secara masal bersama-sama sekaligus ?

    Ketiga : Mengenai artikel desa atau kelurahan di seluruh Indonesia. Pokok permasalahan yang akan kita hadapi adalah, bagaimana kita mengembangkanya ? Apa saja isi pengembangannya ? Darimana saja kita mencari sumber referensi untuk menjaga kelayakannya ? Sehingga pada saatnya nanti, akan terjadi ketidaksamaan kualitas antara artikel desa yang satu, dengan artikel desa yang lain.

Demikian jawaban saya, semoga berkenan. Terima kasih sudah bertanya. Salam, Bozky(bicara) 22 Januari 2014 10.47 (UTC)[balas]

Tanya ke-3[sunting sumber]

  1. Menurut anda bagaimana dengan kondisi Wikipedia Bahasa Indonesia pada saat ini dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu pada masa-masa awal Wikipedia Bahasa Indonesia?
  2. Menurut anda bagaimana cara yang efektif dan efisien untuk mencegah tindakan vandalisme di Wikipedia?
  3. Menurut anda apakah diizinkan seseorang memiliki lebih dari satu akun karena beberapa hal?
  4. Apakah anda bersedia mengundurkan diri apabila merasa tidak mampu lagi aktif di WBI?
  5. Berhubungan dengan beberapa pertanyaan saya sebelumnya. Apabila ada pengguna yang tersinggung dan membawa masalah ke ranah hukum dan anda dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan anda dijatuhi hukuman penjara dan/atau denda bagaimana tindakan anda?

Albert Christian (bicara) 24 Januari 2014 04.15 (UTC)[balas]

Jawab ke-3[sunting sumber]

  1. Kondisinya ya jelas berbeda atuh Bung Albert Sepuluh tahun yang lalu, per Januari 2004 jumlah artikelnya saja baru 55 artikel, sekarang per Januari 2014, sudah 330 ribuan. Bisa dilihat lebih lengkap di data statistik ini.
  2. Menurut saya tidak ada cara yang efektif dan efisien untuk mencegah vandalisme, siapa saja bisa langsung berbuat vandalisme. Yang penting bagaimana kita menghadapinya. Pedoman untuk menghadapi vandalisme bisa dibaca di sini. Untuk mengurangi terjadinya vandalisme, kita bisa melindungi sebuah artikel dengan lalu lintas penyuntingan tinggi menjadi semi-perlindungan terhadap penguna tanpa nama (anon).
  3. Pendapat saya pribadi sih... boleh saja. Tapi untuk apa punya akun lebih dari satu di Wikipedia? Wikipedia sudah mengatur penggunaan akun, termasuk mempunyai akun lebih dari satu. Mempunyai akun lebih dari satu biasanya mempunyai motif tertentu, kita bisa membaca kebijakannya dan saya sangat setuju terhadap kebijakan ini.
  4. Kalau sudah tidak mampu ya lebih baik mengundurkan diri, daripada diminta untuk mundur.
  5. Kalau tidak merasa bersalah, tidak melakukan perbuatan melawan hukum, ya tentunya kita harus membela diri donk.. Bung Albert

Demikian jawaban saya, semoga berkenan. Terima kasih sudah bertanya. Salam, Bozky(bicara) 25 Januari 2014 18.22 (UTC)[balas]

Tanya[sunting sumber]

  1. Sejauhmana anda mengenal Wikipedia dan Wikipedia Bahasa Indonesia?
  2. Sejauhmana anda akan membuang waktu anda bagi WBI?
  3. Sejauhmana anda akan berkorban hal selain waktu bagi WBI? Dan apa yang akan anda lakukan?

-- Eddy bf (bicara) 21 Januari 2014 09.22 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

  1. Wikipedia adalah salah satu proyek dari Yayasan Wikimedia yang khusus membuat suatu ensiklopedia bebas dalam berbagai bahasa di dunia, dan Wikipedia Bahasa Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak ensiklopedia yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
  2. Saya merasa tidak membuang waktu untuk menyunting atau membuat suatu artikel di wikipedia. Saya hanya memanfaatkan waktu luang saya dengan mengerjakan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Malahan saya kadang-kadang sengaja menyediakan waktu tertentu setiap hari untuk sekedar memantau perubahan-perubahan yang terjadi di WBI.
  3. Banyak hal selain waktu yang bisa saya kontribusikan bagi WBI. Yang sudah saya lakukan adalah saya dengan senang hati mendatangi beberapa perpustakaan milik pemerintah/institusi tertentu, untuk mencari referensi buku-buku bagi artikel tertentu. Saya juga mendatangi bursa buku-buku bekas untuk mencari dan membeli buku-buku bekas sebagai bahan-bahan referensi.

Demikian jawaban saya Mas Eddy, semoga puas. Kalau belum puas, silahkan bertanya kembali. Salam Bozky(bicara) 21 Januari 2014 09.43 (UTC)[balas]

Tanya[sunting sumber]

Halo, Bozky. Pertanyaan saya sederhana: Mengapa Anda ingin jadi pengurus? Terima kasih. FarrasLa Poste 25 Januari 2014 17.17 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

Halo Farras, terima kasih sudah bertanya.

Secara pribadi, saya tidak ada ambisi untuk menjadi pengurus. Tetapi kalau rekan-rekan mempercayai saya untuk menjadi pengurus, tentunya saya dapat membantu berkontribusi menjalankan tugas-tugas sebagai pengurus, untuk menjaga Wikipedia Bahasa Indonesia kita ini.

Demikian jawaban saya yang sederhana ini. Semoga puas, kalau belum puas, silahkan bertanya kembali Salam, Bozky(bicara) 25 Januari 2014 18.33 (UTC)[balas]

Hariadhi[sunting sumber]

Tanya[sunting sumber]

Hai mas Bozky, saya mengajukan pertanyaan bertajuk komunitas kepada calon pengurus. Mas sendiri sudah mengawasi dan mengikuti apa yang telah kita lakukan selama setahun ini. Pertanyaan saya:

  1. Bagaimana komitmen Mas Bozky untuk tempat domisili nanti berkaitan pengembangan komunitas? Karena di Jakarta kita berkomitmen membuat kopdar rutin setidaknya dua minggu sekali dan sejauh ini sudah dapat paling tidak setengahnya (1 bulan sekali).
  2. Apa rencana mas Bozky untuk memenuhi komitmen tersebut?
  3. Sejauh ini komunitas yang ramai baru Jakarta. Itupun masih harus terus didorong. Bagaimana potensi di luar jakarta seperti bandung, Semarang, Surabaya dan Jogja? Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2014 15.58 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

Halo Mas Hariadhi, terima kasih sudah bertanya.

  1. Untuk pengembangan komunitas saya berkomitmen untuk selalu mengajak dan menjadi salah satu pendorong dilakukannya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan komunitas, yang salah satunya adalah kopdar. Kemudian impian saya adalah suatu saat nanti, kita bisa mengadakan Kopdar Akbar, yang pesertanya berasal dari komunitas Wiki-ID di berbagai kota-kota yang ada di Indonesia.
  2. Karena selama ini baru di Jakarta yang sudah sering mengadakan kopdar, maka rencana saya sebagai tahap pertama saya akan memulainya dengan mencari tahu, mendata dan menemui satu persatu atau beberapa rekan-rekan wikipediawan yang bertempat tinggal satu kota atau dekat dengan kota saya. Tahap selanjutnya setelah terkumpul beberapa rekan-rekan, kita akan menentukan tempat pertemuan rutin sebagai wikicamp.
  3. Potensi dari semua kota-kota di luar Jakarta sebenarnya cukup bagus. Hambatannya adalah hingga saat ini kita belum menemukan orang-orang yang bisa dan mau menjadi faktor pendorong untuk meramaikan komunitas tersebut.

Demikian jawaban saya Mas Hari, semoga puas. Kalau belum puas silahkan bertanya kembali Salam, Bozky(bicara) 22 Januari 2014 01.39 (UTC)[balas]

RaymondSutanto[sunting sumber]

Tanya[sunting sumber]

Hai Bozky! Saya punya beberapa pertanyaan untuk anda, mohon dijawab secukupnya (jangan bertele-tele ya ). Jawaban anda akan menjadi pertimbangan saya (dan mungkin pengguna lain) dalam menentukan pilihannya.

  1. Sebagai calon pengurus, mestinya anda sudah mengetahui tugas-tugas pengurus. Dari semua tugas itu, manakah yang paling dominan jika anda terpilih sebagai pengurus (maksimal 2, tolong sebutkan spesifik ya)?
  2. Jika dirata-rata, berapa jam dalam seminggu anda: a.)membuka wikipedia? b.)menyunting wikipedia? (wikipedia apapun boleh, berikan kisarannya)
  3. Tools/fitur apa saja yang biasanya anda pakai untuk mempermudah/mempercepat penyuntingan?
  4. Apa topik kesukaan anda ketika membaca/menyunting di wikipedia? (berikan selengkap-lengkapnya ya, kalau perlu urutkan juga dari yang termahir sampai terawam)
  5. Apakah anda mempunyai keahlian lain yang bisa disumbangkan untuk wikipedia (dan atau) wikimedia? (mis. jago desain, fotografi, dll.)
  6. Jika anda diminta menyebutkan, dapatkah anda memilih: a.)satu atau beberapa artikel yang kualitasnya terbaik di WPID? b.)satu atau beberapa artikel terbaik buatan anda? (parameternya bisa kelengkapan, gambar, tabel/diagram/skema/grafik, tata bahasa, tata letak, dll.)
  7. Apakah anda aktif di proyek Wikimedia lainnya? (kalau iya mohon disebutkan)

Sekian dan terima kasih. RaymondSutanto (bicara) 22 Januari 2014 13.58 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

Halo Mas Raymond, terima kasih sudah bertanya. Pertanyaan-pertanyaannya singkat, padat dan banyak...hehe. Jadi saya akan jawab singkat dan padat juga ya.

  1. Menurut pengamatan saya selama ini, tugas pengurus yang paling dominan atau paling sering dilakukan adalah :
    1. Menghapus dan melindungi artikel
    2. Pemblokiran suatu akun dan atau alamat IP
    3. Rata-rata dalam satu minggu
      1. Hanya membuka wikipedia dan melihat perubahan terbaru (patroli) 14 jam per minggu
      2. Melakukan penyuntingan, pengembangan artikel, merapikan artikel, dan membuat artikel 20 jam per minggu
      3. Yang seru mencari referensi baik secara offline atau online. Waktunya tidak menentu, kadang-kadang bisa 6 jam sehari dan 8 jam sehari
      4. Saya menyunting menggunakan alat bantu standar saja yang sudah tersedia dari Wikipedia, tetapi terkadang saya sesekali menggunakan alat bantu tambahan :
        1. HotCat (untuk menambah, menghapus, atau mengubah kategori)
        2. Twinkle (untuk melakukan permintaan penghapusan cepat dll)
        3. AWB (biasanya melakukan penyuntingan berulang-ulang dan banyak) (bukti)
        4. Militer (tentara dan kepolisian), sepak bola, otomotif, dirgantara, teknologi, biologi, sejarah, politik.
        5. Corel draw (tingkat kemahiran 3, skala 1-5), photoshop (3), GIMP (3), fotografi (cukup bagus deh hasilnya)
        6. Artikel dengan kualitas terbaik menurut saya :
          1. Di WBI : Soedirman dan Borobudur.
          2. Yang saya mulai/buat : Sejarah Tentara Nasional Indonesia
          3. Yang saya kembangkan (bukan yang saya mulai/buat) dan rapikan termasuk saya lengkapi gambar-gambarnya : Panglima Tentara Nasional Indonesia, KASAD, KASAL, KASAU, Tentara Nasional Indonesia, Polri, Kapolri, Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia, Badan Keamanan Rakyat, Tentara Keamanan Rakyat, Tanda Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Tanda Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, Tanda Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut
          4. Beberapa templat yang pernah saya buat : {{TNI-AD}}, {{TNI-AU}}, {{TNI-AL}}, {{Polri}}
          5. Saat ini saya lebih memfokuskan diri di Wikipedia Bahasa Indonesia, karena saya punya visi, artikel apapun tentang Indonesia, harus lebih lengkap di Wikipedia Bahasa Indonesia, bukan di wikipedia bahasa lain. Sesekali saya juga mengunjungi Wikipedia Bahasa Inggris. Selain itu saya lebih sering mampir ke Wikimedia Commons, dan saya menyumbang beberapa berkas buatan saya sendiri di sana. Rencana kedepan (tidak lama lagi), saya akan berkontribusi juga di Wikisource dan saat ini sedang mempersiapkan dan mengumpulkan berkas-berkas peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia, yang belum terdapat di sana.

          Demikian jawaban saya Mas Raymond, semoga puas. Kalau belum puas silahkan bertanya kembali . Salam, Bozky(bicara) 23 Januari 2014 00.35 (UTC)[balas]

          Lihat pula[sunting sumber]