Wikipedia:Pemungutan suara bukanlah pengganti diskusi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Notavote.svg

Wikipedia dibangun berdasarkan konsensus dan kesepakatan. Ketika terjadi perselisihan pendapat, maka sebaik-baiknya diselesaikan melalui diskusi, debat, dan kolaborasi. Walaupun tidak dilarang, namun pemungutan suara sebaiknya dijadikan opsi terakhir dan harus digunakan dengan berhati-hati. Ketika menggunakan pemungutan suara, langkah tersebut biasanya dianggap sebagai cara untuk menentukan konsensus, bukan sesuatu yang berakhir mengikat. Walaupun digunakan pada beberapa proses (seperti pemilihan gambar pilihan), pemungutan suara sebaiknya tidak digunakan dalam mengembangkan suatu artikel. Ingatlah bahwa Wikipedia bukanlah demokrasi. Singkatnya, pemungutan suara bukanlah pengganti diskusi.

Mengapa Anda harus berhati-hati dalam pemungutan suara[sunting sumber]

  1. Para penyunting bisa jadi melewatkan solusi atau kompromi terbaik untuk suatu masalah hanya karena solusi itu tidak masuk dalam pilihan saat pemungutan suara. Ini bisa jadi masalah serius ketika adanya persoalan yang kompleks atau terdapat beberapa isu. Membangun konsensus memerlukan adanya proses pemaparan solusi-solusi yang mungkin bisa diterapkan dan menjelaskan argumen yang melatarinya sampai akhirnya tercapai sebuah kesepakatan bersama. Dalam pemungutan suara, hal ini tidak dimungkinkan.
  2. Pemungutan suara bisa memecah belah dan menciptakan faksi-faksi tertentu. Walaupun pada beberapa kasus pemungutan suara bisa mempermudah para penyunting untuk menemukan solusi, di kasus lain itu bisa merusak jalannya diskusi dan hubungan nantar pengguna. Dalam skenario terburuk, pemungutan suara bisa membuat para pesertanya terlibat dalam pertikaian yang kurang beradab dengan peserta yang berada di kubu lain. Dengan mempolarisasi jalannya diskusi dan menetapkan suatu garis batas yang memisahkan kedua pihak, pemungutan suara dapat menjadikan pembahasan isu-isu kontroversial begitu panas. Ini bisa membuat para pesertanya tidak mengasumsikan niat baik. Diskusi yang lebih ringan bisa berfungsi lebih baik dalam memunculkan ide, pertimbangan, dan keberatan untuk mencari jalan keluar bersama.
  3. Pemungutan suara bisa menyebabkan para penyunting menganggap suara terbanyak akan memenangi perdebatan, atau hasil pemungutan itu bersifat mengikat yang tidak ditawar-tawar. Ini bertentangan dengan sifat Wikipedia yang bukanlah sebuah demokrasi.
  4. Jika komunitas selalu menggunakan pemungutan suara untuk memutuskan berbagai hal, maka para penyunting bisa jadi akan menggunakan hal yang sama untuk perdebatan tentang isi artikel. Ini melanggar kebijakan harus adanya pemastian, kelayakan, dan perlu adanya sudut pandang yang netral.

Lihat pula[sunting sumber]