Wikipedia:Kebijakan penghapusan/Proposal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.

Kebijakan penghapusan Wikipedia menjelaskan bagaimana suatu halaman yang tidak memenuhi kriteria isi yang sesuai dapat diidentifikasi dan dihapus dari Wikipedia bahasa Indonesia. Kebijakan ini diusulkan untuk mengganti dan mengembangkan kebijakan sebelumnya.

Semua halaman yang dibuat di ruang nama utama Wikipedia harus mengikuti beberapa aturan penting meliputi kriteria artikel (Wikipedia bukanlah, kualitas ensiklopedia (pemastian dan bukan riset asli), pendekatan editorial (sudut pandang netral), dan juga kebijakan hak cipta Wikipedia. Artikel dan teks yang mampu memenuhi hal-hal tersebut harus diperbaiki, tapi hal-hal yang gagal memenuhi kriteria untuk Wikipedia, tidak dapat dipastikan dengan sumber terpercaya, atau melanggar kebijakan hak cipta, biasanya akan dihapus.

Penghapusan artikel Wikipedia menghapus versi terakhir dan semua versi terdahulu. Tidak seperti pengosongan halaman, yang dapat dilakukan (atau dikembalikan) oleh semua pengguna, penghapusan hanya dapat dilakukan oleh pengurus. Pada operasi normal Wikipedia, setiap harinya banyak sekali halaman yang dihapus, baik langsung maupun setelah melalui diskusi, sesuai dengan suatu proses penghapusan yang terbuka bagi semua pengguna.

Halaman ini menjelaskan bagaimana penanganan suatu artikel yang dipercaya layak untuk dihapus, menjelaskan berbagai pilihan dan proses penghapusan, dan menyimpulkan beberapa masalah utama dengan artikel-artikel Wikipedia yang layak dihapus berikut alternatif lain terhadap penghapusan.

Latar belakang[sunting sumber]

Siapapun, kecuali pengguna yang diblokir, diundang untuk berpartisipasi untuk mengusulkan artikel untuk dihapus atau berdiskusi terhadap suatu usulan. Partisipan dalam suatu proses penghapusan pertama harus membaca (dan memahami) kebijakan dasar Wikipedia tentang pemastian, bukan riset asli dan sudut pandang netral, karena penghapusan didasarkan pada kebijakan dan bukan kesukaan atau ketidaksukaan pribadi.

Mereka harus memahami apa yang bukan Wikipedia dan tidak boleh menyalahgunakan proses penghapusan. Juga penting diketahui bahwa (sama halnya dengan semua keputusan konsensus Wikipedia lainnya) tujuan diskusi adalah untuk menonjolkan "kebersamaan komunitas" dan penilaian yang sahih untuk mendukung atau menentang tiap pandangan. Jadi, penghapusan bukanlah semata "hitungan suara", melainkan lebih kepada suatu pertimbangan yang didasarkan pada pengalaman dan mempertimbangkan semua pendapat yang dibuat oleh semua partisipan diskusi.

Prosedur penghapusan[sunting sumber]

Ada 3 prosedur penghapusan artikel:

Prosedur Penggunaan Cara
Wikipedia:Penghapusan cepat (SD) Halaman yang dapat segera dihapus menurut kriteria penghapusan cepat (:en:); contohnya omong kosong (patent nonsense), iklan, vandalisme (:en:) Tandai artikel untuk speedy deletion dengan sebuah templat penghapusan, yaitu: {{hapus|alasan}}.
Usulan penghapusan Artikel yang tidak memenuhi kriteria penghapusan cepat, misalnya artikel yang isinya dirasa tidak cocok untuk Wikipedia, misalnya iklan dan vanitas Tandai dengan {{hapus|alasan}}


Mengusulkan suatu halaman untuk dihapus[sunting sumber]

Penghapusan langsung[sunting sumber]

Penghapusan langsung adalah penghapusan artikel, berkas, atau bahan lain "langsung" tanpa debat tambahan. Pengguna non pengurus dapat meminta penghapusan halaman-halaman semacam itu dengan menambahkan templat yang sesuai. Istilah "langsung" dalam konteks ini merujuk pada proses pengambilan keputusan yang sederhana dan bukan tenggat waktu sejak pembuatan artikel.

Kriteria[sunting sumber]

Umum[sunting sumber]
  1. Permintaan penulis
  2. Secara nyata merupakan vandalisme, penghinaan, iklan, atau pelanggaran hak cipta
  3. Tulisan ngawur atau uji coba, yaitu suatu halaman yang tidak memiliki isi bermakna dan sama sekali tak masuk akal. Ini tidak termasuk: tulisan dengan cara penulisan buruk, suara partisan, komentar kotor, bahan fiksi, bahan bukan dalam bahasa Indonesia, bahan yang diterjemahkan dengan kasar, teori ngawur, atau hoax.
  4. Pembuatan ulang halaman yang sudah dihapus, kecuali jika dibuat dengan benar
  5. Pengguna yang diblokir
  6. Pembersihan
  7. Tindakan Yayasan
Artikel[sunting sumber]
  1. Artikel yang sangat pendek (< 3 kalimat) dan memberikan sedikit atau bahkan tanpa konteks.
  2. Artikel yang sepenuhnya dalam bahasa asing
  3. Tanpa isi apapun. Hanya berisi informasi non-artikel (termasuk pengkategorian, interwiki, sumber pranala luar, "lihat pula", dan/atau kotak info/kotak navigasi) atau semata-mata pengulangan judul. Ini tidak termasuk halaman disambiguasi.
  4. Artikel transwiki
  5. Orang, kelompok, perusahaan, atau situs yang tak dikenal. Jika kemungkinan mengundang kontroversi, seperti misalnya pengguna baru yang belum paham dengan budaya Wikipedia, gunakan proses usulan penghapusan seperti dijelaskan di atas.
Pengalihan[sunting sumber]
  1. Pengalihan ke halaman yang tak ada, baik yang disengaja maupun tidak (salah ketik). Lihat pula daftar pengalihan rusak.
  2. Pengalihan antar ruang nama, misalnya dari halaman pembicaraan, halaman pengguna, atau halaman pembicaraan pengguna ke ruang nama utama atau artikel. Perkecualiannya adalah kata-kata kunci seperti Sandbox, Bantuan, Sysop, dll.
Berkas[sunting sumber]
  1. Rusak atau kosong
  2. Duplikat, baik di Wikipedia Indonesia maupun di Commons. Lihat contohnya
  3. Tanpa sumber. Lihat contohnya
  4. Tanpa lisensi atau lisensi tidak jelas. Lihat contohnya
  5. Berkas yang tak digunakan. Periksa daftarnya
  6. Tanpa alasan untuk lisensi penggunaan wajar.
Kategori[sunting sumber]
  1. Kosong
  2. Ganti nama, kecuali diberi templat {{alihkategori}}
Halaman pengguna[sunting sumber]

Termasuk sub-halamannya

  1. Permintaan pengguna
  2. Pengguna yang tidak ada, kecuali pengguna yang ganti nama
  3. Penyalahgunaan halaman pengguna, seperti:
    1. Vanitas
    2. Iklan
    3. Spam
    4. Mengisinya dengan gambar-gambar berlisensikan penggunaan wajar
    5. dll.


Usulan penghapusan[sunting sumber]

Usulan penghapusan diberikan untuk bahan-bahan yang tidak memenuhi kriteria untuk penghapusan langsung. Tenggat waktu lima hari diberikan untuk diskusi mengenai nasib artikel dan apa yang paling baik diterapkan. Ini diterapkan pada semua artikel yang tidak pasti untuk dihapus, ditentang untuk dihapus, dan segala kasus yang kontroversial.

Pengembalian penghapusan[sunting sumber]

Wikipediawan yang merasa bahwa suatu artikel yang dihapus (tidak harus sang pembuat artikel) tidak selayaknya dihapus dapat meminta peninjauan pengembalian penghapusan kepada pengurus lain melalui Wikipedia:Evaluasi penghapusan.

Lihat pula[sunting sumber]