Wikipedia:Inilah akibatnya jika melakukan spam di Wikipedia!

Halaman ini mengandung materi yang dianggap lucu. Halaman ini mungkin juga mengandung sebuah nasihat.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiada 'cabal' di sini.
Tiada 'cabal' di sini.
Ini adalah Esai Humor di Wikipedia bahasa Indonesia
Esai ini berisi lelucon yang merupakan komentar atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor Wikipedia. Esai ini bukan merupakan kebijakan dan pedoman Wikipedia, meskipun esai ini mungkin saja mengandung nasihat.
Vandal dan troll Wikipedia yang akunnya diblokir hanya bisa menangis di atas bantal ini

Ada lima tahap kesedihan yang akan dialami oleh setiap spammer Wikipedia ketika suntingannya dihapus atau dikembalikan. Langkah-langkah ini adalah bagian alami dan abadi dari kehidupan, tetapi mungkin bermanfaat untuk mengetahui apa yang diharapkan dan bagaimana mengatasinya. Mungkin bagi beberapa orang sangat sulit untuk menerima kenyataan pahit bahwa bisnis, minat, atau keberadaan seseorang secara umum tidak relevan dengan bagian dunia lainnya dalam bentuk entri Wikipedia.

Lima tahap kesedihan tersebut adalah:

  1. Penolakan: "Ini bukan spam. Situs web/​artikel saya penting/​relevan/​berguna/​dapat diandalkan/​unik/​luar biasa."[1][2][3][4][5][6][7]
  2. Kemarahan: "Beraninya kau melakukan ini padaku?! Anda tidak berhak menyensor saya! Saya akan melaporkan Anda!"[8][9][10][11] [12]
  3. Tawar-menawar: "Jika saya tidak dapat memasukkan situs/artikel saya di sini, orang lain juga seharusnya tidak boleh."[13][14]
  4. Depresi: "Sungguh menyedihkan melihat situs hebat seperti Wikipedia bersifat tidak adil."[15][16][17]
  5. Penerimaan: "Saya akan meninggalkan Wikipedia untuk selamanya. Semoga kalian semua merugi! Selamat tinggal dunia yang kejam."[18][19][20][21]

Tips untuk spammer[sunting sumber]

Seorang spammer yang bersedih karena akunnya diblokir
Jangan sampai Anda melakukan hal ini!

Jika beberapa pernyataan dalam daftar di atas terlihat familiar, Anda mungkin sedang berduka. Jangan khawatir: ada bantuan yang tersedia.

  • Jika mempromosikan situs Anda adalah prioritas tertinggi Anda, Anda dapat membeli iklan spanduk melalui banyak vendor komersial.
  • Karena semua orang tahu siapa Anda (karena upaya terus-menerus Anda untuk menautkan ke perusahaan Anda sendiri), Anda mungkin ingin mempertahankan sedikit martabat dengan bergerak langsung ke tahap penerimaan sendiri. Anda dapat menyelamatkan banyak muka—belum lagi niat baik terhadap perusahaan yang Anda wakili—dengan hanya menerima bahwa suntingan Anda tidak sesuai dengan aturan Wikipedia, mengakui kesalahan awal Anda, dan melanjutkan hidup Anda. Memposting permintaan atau mengacau di halaman kebijakan atau papan pengumuman hanya akan mempermalukan Anda, disadari atau tidak.
  • Jika Anda terjebak pada langkah satu atau dua, dan mendapati bahwa Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak memasukkan kembali pranala atau bahkan merusak halaman untuk membalas dendam, jangan takut: 'bantuan' akan segera datang!

Lihat juga[sunting sumber]