Wikipedia:Humor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Humor yang bertentangan dengan kebenaran atau keterverifikasian sebuah halaman di Wikipedia membutuhkan indikator yang jelas dan ringkas. Teks dapat ditandai dalam baris dengan {{catatan humor}}. Halaman atau bagian penuh dapat ditandai dengan indikator sebelum paragraf utama atau di bawah judul bagian seperti {{humor}}. Lelucon yang mengikuti metode ini dapat mencegah banyak perselisihan. Humor, jika digunakan secara tidak tepat tanpa indikator, sering kali mengakibatkan pemblokiran atau sanksi lainnya terhadap pengguna.

Mengapa humor yang bertanggung jawab itu penting[sunting sumber]

Tidak ada yang ingin menjadi sigung di pesta kebun, tetapi kita memiliki tanggung jawab.

Tidak ada yang ingin menjadi sigung di pesta kebun. Tetapi Wikipedia bukan lagi eksperimen pemula seperti pada tahun 2000-an. Sekarang ini Wikipedia adalah gudang pengetahuan kolektif umat manusia terkemuka di dunia, dan dengan hak istimewa itu muncul beberapa tanggung jawab pemeliharaan. Manfaat humor dalam membantu meningkatkan retensi editor harus dipertimbangkan terhadap potensi gangguannya. Dengan mempertimbangkan:

  • Humor terkadang disalahartikan – sarkasme sulit disampaikan secara tertulis yang tidak memiliki isyarat komunikasi verbal. Banyak waktu editor dan pengurus telah dihabiskan untuk menyelesaikan perselisihan yang timbul dari hal ini.
  • Humor yang tidak bertanggung jawab merusak kredibilitas Wikipedia – kita semua telah bekerja keras untuk membangun reputasi dapat dipercaya yang dinikmati Wikipedia. Pembaca datang ke sini mengharapkan informasi, dan ketika mereka menemukan lelucon, mereka kehilangan kepercayaan pada keandalan Wikipedia.
  • Tidak semua orang mencari humor – Terkadang, seorang editor sedang mengerjakan tugas yang serius dan hanya ingin fokus padanya. Pengungkapan yang jelas memberi mereka pilihan untuk melakukannya, sedangkan lelucon yang tidak diungkapkan sering kali menarik perhatian dan membutuhkan waktu untuk mencari tahu.
  • Anggaplah persyaratan pengungkapan humor bukan sebagai hambatan untuk membuat lelucon, tetapi sebagai tantangan.