Wikipedia:Hindari neologisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.

Neologisme adalah kata atau istilah baru yang dengan sengaja dibuat, yang umumnya tidak ada di dalam kamus, namun mungkin dipakai secara luas di komunitas tertentu.

Menggunakan neologisme di dalam artikel[sunting sumber]

Pemakaian neologisme di Wikipedia harus dihindari, karena istilah-istilah ini tidak dimengerti dengan baik, tidak bisa didefinisikan dengan sempurna, dan dapat memiliki arti-arti yang berbeda menurut satu orang dengan orang lain. Menentukan definisi yang benar tidak hanya sulit, tapi juga dapat menjadi riset orisinil–yang tidak diperbolehkan di Wikipedia. Artikel yang menggunakan neologisme harus disunting untuk memastikan bahwa artikel tersebut memenuhi peraturan utama Wikipedia: Sudut pandang netral, Bukan riset asli, dan Pemastian.

Artikel mengenai neologisme[sunting sumber]

Beberapa istilah neologisme dipakai secara luas dan terkadang dapat diamati penggunaannya di Internet atau di komunitas tertentu. Karena alasan ini, sering diasumsikan bahwa Wikipedia harus memiliki sebuah artikel mengenai istilah tersebut, namun ini adalah keliru. Alasan mengapa artikel mengenai neologisme umumnya tidak cocok ada di Wikipedia adalah:

  • Wikipedia bukanlah kamus, jadi artikel yang mencoba mendefinisikan neologisme tidak pantas ada di sini
  • Artikel mengenai neologisme umumnya berusaha melacak asal usul munculnya istilah baru tersebut dengan mengamati komunitas tertentu atau Internet, dan dengan keliru menganggap bahwa pengamatan ini dapat dijadikan sumber sekunder.

Umumnya artikel mengenai neologisme akan dihapus.

Sumber terpercaya untuk neologisme[sunting sumber]

Dukungan untuk isi artikel neologisme, termasuk pemakaian dan definisi neologisme, harus berasal dari sumber terpercaya. Wikipedia adalah sumber tersier yang mencantumkan isi berdasarkan pemastian. Untuk mendukung pemakaian istilah neologisme atau artikel mengenai istilah neologisme tertentu, harus dicari sumber sekunder terpercaya seperti buku atau karya ilmiah yang membahas istilah tersebut, bukan buku atau karya ilmiah yang hanya menyebut istilah tersebut.

Neologisme yang digunakan secara luas, namun belum dibahas oleh sumber sekunder, tidak boleh dicantumkan di Wikipedia. Pengamatan dan riset yang dilakukan seorang penyunting (seperti menemukan blog, situs, atau buku yang menggunakan istilah tersebut) tidak cukup untuk mendukung penggunaan neologisme, karena melanggar Wikipedia:Bukan riset asli.

Artikel yang mirip tapi bukan neologisme[sunting sumber]

Pada kasus-kasus tertentu, ada kalanya ada sebuah topik yang memenuhi kelayakan dan didokumentasikan oleh sumber-sumber terpercaya, namun belum memiliki kata atau judul yang baku. Dalam kasus seperti ini dapat digunakan judul berupa frase yang deskriptif dalam bahasa Indonesia.

Lihat pula[sunting sumber]