Wikipedia:EUforia Wiki4HumanRights

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1 Juni - 14 Juli 2021

Halaman utama

Teknis kompetisi

Tanya jawab & tutorial

Daftar artikel

Tanya komunitas



"Banyak orang telah menjadi terpelajar tetapi belum menjadi manusia."

Kutipan Abdul Sattar Edhi diatas merefleksikan bahwa banyak manusia di dunia dewasa ini hanya sekedar berilmu namun tidak berperikemanusiaan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia yang banyak dijumpai seperti diskriminasi ras, pelecehan seksual, hingga hukuman mati. Fakta di atas menunjukkan bahwa perjuangan hak asasi manusia saat ini belum usai melawan pengalaman negatif dan penindasan dalam modernitas.

Wikipedia sebagai salah satu situs ensiklopedia paling populer di internet dapat menjembatani kesenjangan pengetahuan mengenai hak asasi manusia. Di Wikipedia, Anda dapat menemukan informasi yang netral dan berimbang. Melalui Wikipedia bahasa Indonesia, kami mengajak Anda yang berkecimpung di bidang akademik maupun pemerhati hak asasi manusia untuk berpartisipasi dalam EUforia Wiki4HumanRights.

Setelah sukses bekerja sama mengadakan kompetisi Proyek EUforia Uni Eropa (2018) dan EUforia Wiki4Climate (2019), Wikimedia Indonesia dan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia kembali hadir untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel bertema hak asasi manusia di Wikipedia bahasa Indonesia. Hak asasi manusia menjadi salah satu perhatian Uni Eropa untuk menegakkan dan melakukan perlindungan terhadap nilai-nilai kebebasan, dan kesetaraan setiap manusia.

Mengenai kompetisi[sunting sumber]

Sosialisasi mengenai Hak Asasi manusia (HAM) tidak terlepas dari fenomena globalisasi. Kemajuan insfrastruktur dan kecepatan untuk berkomunikasi menjadikan peristiwa yang terjadi dibelahan dunia lain bisa sangat mudah untuk diketahui. Tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa setiap orang mengerti tentang Hak Asasi Manusia. Faktanya, masih ada pelanggaran HAM mengenai diskriminasi terhadap kaum minoritas. Misalnya, adanya penganiayaan etnik minoritas Rohingya oleh militer Myanmar, genosida Kamboja yang dilakukan rezim komunis Khmer Merah, serta pembantaian masyarakat adat.

Contoh genosida di atas merupakan beberapa peristiwa nyata yang patut dijadikan sebuah pembelajaran berharga untuk lebih menghargai Hak Asasi Manusia setiap orang. Dengan adanya kompetisi menulis di Wikipedia ini diharapkan bahwa setiap orang mampu berkontribusi menyebarkan informasi berharga mengenai Hak Asasi Manusia. Artikel yang ditulis juga mampu menyadarkan pembaca bahwa nilai-nilai kebebasan dan kesetaraan merupakan langkah awal untuk menjadi manusia yang lebih bermartabat.

Ketentuan Umum[sunting sumber]

Peserta merupakan Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
Peserta berusia di atas 17 tahun saat dimulainya kompetisi (per 1 Juni 2021).
Kompetisi ini bersifat individu.
Jika peserta mengalami hambatan/kesulitan dalam hal teknis maupun kebijakan, peserta dapat menghubungi panitia melalui surel euforia﹫wikimedia.or.id.
Panitia berhak untuk mendiskualifikasi peserta apabila melanggar peraturan atau menganggu kelancaran kompetisi.
Kebijakan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
Anda tidak dapat mengikuti kompetisi ini, apabila:

Pernah menjadi pemenang utama (mendapat hadiah laptop/perjalanan) pada kompetisi Proyek EUforia Uni Eropa, EUforia Wiki4Climate, Wiki Jelajah, Proyek Saraswati, Kompetisi Wikisource 2020, Kompetisi Wikisource 2021, dan Wiki Jelajah 2.0.
Merupakan penerima Hibah Buku, Hibah Paket Internet, dan program Beasiswa Daring bulan Juni-Juli 2021.
Merupakan staf/konsultan/pengurus/pengawas Wikimedia Indonesia dan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia.
Merupakan penerima Hibah Proyek Saraswati yang belum menyelesaikan kewajibannya (artikel dikumpulkan 100%, dan minimal 50% di antaranya lulus).
  • Pemenang pertama dan kedua akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi Intel Core i5 + sertifikat
  • Pemenang ketiga akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi Intel Core i3 + sertifikat
  • Selain ketiga pemenang, semua peserta yang mengumpulkan artikel yang memenuhi persyaratan kompetisi akan mendapatkan sertifikat dan bingkisan khusus dari Wikimedia Indonesia.

Silakan daftar dan lihat ketentuan teknisnya di halaman ini.

Didukung oleh