Wikipedia:Artikel bagus/Usulan/Pelafalan GIF

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CATATAN PENUTUP

Pengusulan telah mendapatkan tiga suara setuju. Karena itu, artikel lolos menjadi AB. --Glorious Engine (bicara) 7 Juli 2022 02.23 (UTC)

Diskusi di bawah adalah arsip dari pengusulan artikel bagus. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.

Artikel ini disetujui.


Pelafalan GIF[sunting sumber]

Pengusul: Ärkhézja (b • k • l)
Status:    Selesai

Saya ingin mengusulkan artikel ini sebagai artikel bagus karena saya rasa sudah memenuhi kriteria AB. Ärk beszélgetés? 28 Juni 2022 08.56 (UTC)[balas]

Komentar dari Dedhert.Jr[sunting sumber]

Berdasarkan kriteria artikel bagus, artikel:

  1. ditulis dengan baik: Good article
  2. luas: Good article
  3. faktanya akurat: Good article
  4. netral: Good article
  5. stabil: Good article

Selain itu, artikel ini:

  1. mempunyai bagian pembuka, sistem hierarki, dan bagian daftar isi: Good article
  2. mempunyai gambar yang tepat untuk subjek: Did You Know?
  3. panjang: Good article

@Ärkhézja: Artikelnya bagus dan layak dijadikan sebagai AB, namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki (secara minor). Beri tanda {{selesai}} bila sudah dikerjakan.

Kalimat pengantar
  • Kata "diperselisihkan" kurang cocok dengan isinya, coba diganti dengan "diperdebatkan".
 Selesai
  • Sekedar bertanya, bukan meminta koreksi minor. It's pronounced "JIF" not "GIF" kalau diterjemahkan sebagai "GIF dilafalkan sebagai JIF bukan GIF". Apakah ini malah membingungkan para pembaca? Jika tidak, bisakah Anda jelaskan?
Sebenarnya ya... membingungkan, oleh itu saya gunakan "Ia [GIF]" agar pembaca dapat membaca pembuka artikel untuk penjelasan mengenai JIF dan GIF, sebenarnya saya sebelumnya ingin menerjemahkannya sebagai "... dengan g lemah, bukan keras", tapi bukankah ini agak melenceng jauh dari kalimatnya?
Hmm... saya tidak berpikir sampai situ. Namun ada benarnya juga bila menggunakan kata "Ia" lalu diberi tanda kurung yang mengisikan kata GIF. Baiklah kalau begitu. Ganti pakai "Ia [GIF]", tapi sebaiknya menggunakan "(...)" ketimbang "[...]"
 Selesai
  • Akankah lebih baik "mengatakan" daripada "menyatakan"? Karena menurut KBBI, "menyatakan" berarti menerangkan, memperlihatkan, dan mengemukakan isi pikiran atau hati.
 Selesai
  • Pada paragraf kedua di kalimat pertama, tidak ada kata konjungsi intrakalimat. Ada baiknya ditambahkan dengan kata "namun".
Did You Know? Saya agak bingung dengan ini, kalau bentuk kalimatnya diubah menjadi "Walaupun frekuensi penggunaan fonem pada setiap pelafalan berbeda-beda tergantung daerah penuturan, namun statistik menunjukkan bahwa ...", bukankah itu sedikit aneh, karena kalimat sudah diawali dengan "walaupun".
Ups, saya tarik yang ini.
Latar belakang
  • Di versi bahasa Inggris, tidak ada yang menggunakan gambarbergerak berupa sebuah bumi berotasi. Sepertinya ini kurang cocok dengan isi bagian ini. Ditambah lagi, gambar tersebut mempunyai tulisan "Sebuah animasi bumi berputar dalam format GIF".
 Selesai
  • Pada kalimat Selain itu pelafalan j dapat menggunakan [dʒ] pada beberapa penutur, tambahkan koma setelah kata "Selain itu"
 Selesai
Latar belakang#Bahasa lain
  • Dari kalimat pertama hingga ketiga, dikatakan baik, namun untuk kalimat keempat hingga terakhir, kebanyakan kata "Selain itu" dan "Sementara itu", bisakah Anda mengubah sedikit kalimat tersebut agar terasa lebih enak ketika dibaca?
 Selesai sudah saya coba perbaiki, mungkin masih kurang pas?
  • Untuk yang padanan ke bahasa sasaran, diberi templat {{Lang-id}}. Yang saya maksudkan adalah untuk padanan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, sebaiknya diberi templat tersebut.
 Selesai
  • Saya tidak mengerti kenapa menggunakan 〈gi〉, bukan gi? Apakah lebih baik dimiringkan saja?
 Selesai sebenarnya kurung siku digunakan untuk menandakan ortografi, tapi jika ortografi lain pada artikel ini tidak menggunakan cara yang sama, biar konsisten dihilangkan saja.
Analisa mengenai perdebatan#Penyebab
  • Pada kalimat "...lemah hampir setara, maka, seseorang yang baru pertama kali...", hilangkan kata koma setelah kata "maka".
 Selesai
Analisa mengenai perdebatan#Argumen
  • Pada kalimat "Perbedaan serupa juga muncul dalam NASA (National Aeronautics and Space Administration, dilafalkan sebagai /ˈnæsə/ ( simak))", jangan miringkan kata "NASA".
 Selesai
  • Pada kalimat yang sama, mungkin akan lebih enak dibaca bila ditambahkan kata "singkatan dari" sebelum National Aeronautics and Space Administration dan "yang" sebelum kata "dilafalkan". Apakah Anda keberatan?
 Selesai tentu saja tidak
Analis mengenai perdebatan#Jajak pendapatan
  • Pada kalimat "Ketika pengambilan sampel penutur disetarakan persentasenua", tiada kata "persentasenua" di KBBI. Apakah ini semacam saltik?
 Selesai saltik :/
  • Pada kalimat "... sebagai contoh, Wilhite selaku pembuat format file tersebut." Adakah padanan kata "file"?
 Selesai "berkas", lupa untuk menerjemahkannya
Insiden
  • Adakah padanan kata untuk "slide"? Saya rasa menggunakan kata asing, seolah-olah tidak enak dibaca.
 Selesai "Salindia"
  • Adakah padanan kata untuk "tweet"? Jika tidak, mungkin saya akan memberikan saran, "twit".
 Selesai terimakasih
  • Typo lagi, "berkometar", "menunjukan"
 Selesai
  • Pada kutipan "Mereka [kamus] salah. Ia [GIF] dilafalkan dengan g lemah ... Akhir kata", saya bingung dengan pengguna kata "Ia". Mungkin akan lebih baik jika kata "Ia" dihapus dan ganti "[GIF]" menjadi "GIF".
 Selesai
  • "jawabketiga" tiada di KBBI. Apakah ini semacam saltik atau adakah alasan khusus? Hal yang serupa dengan kata "pelafan".
 Selesai saltik lagi :/
  • "nenar" merupakan bentuk kata takbaku dari "nanar".
 Selesai
  • Pada kalimat "Sebelumnya, Trebek melafalkan GIF huruf per huruf agar Ia tetap netral pada pandangan pelafalan GIF.", kata "Ia" tidak perlu kapital.
 Selesai
Komentar dari Dedhert yang lain
  • Ada beberapa kata yang diketik typo. Jadi, usahakan untuk memperbaiki kata yang typo tersebut. Silahkan beri tanda centang ketika ini sudah selesai.
 Selesai untuk saat ini
    • Belum selesai. Masih ada banyak kata yang saltik. Saya tambahkan lagi di beberapa bagian tertentu.
  • @Ärkhézja: Sebelum saya katakan setuju, keberatankah Anda jika memakai {{lang-id}} untuk terjemahan bahasa Indonesianya pada bagian Latar belakang#Bahasa lain? Tambah lagi, "penglihatan" bukan "pengelihatan".
 Selesai

Aight, Setuju Setuju. Tunggu dua suara setuju lagi baru lolos AB. Dedhert.Jr (bicara) 28 Juni 2022 15.26 (UTC)[balas]

Setuju Setuju segera dijadikan artikel bagus jika telah memenuhi kriterianya Urang Depok (Pembicaraan Pengguna:Urang Depok) 1 Juli 2022 10.28 (UTC)[balas]

Setuju Setuju Dijadikan AB duu lah, nanti pas selesai moratorium mungkin bisa saya birukan pranala-pranala merahnya --Glorious Engine (bicara) 1 Juli 2022 05.00 (UTC)[balas]

Halo @Ärkhézja: artikel Pelafalan GIF telah memiliki 3 suara setuju dan saya juga telah menjadikan artikel tersebut sebagai AB. Silakan dilihat artikelnya kak Pengguna:Urang Depok (Silakan Bertamu) 6 Juli 21.40 (UTC)


Diskusi di atas adalah arsip. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.