Wihara Plum Village

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Plum Village
Làng Mai
Informasi biara
OrdoZen
Didirikan1982
Tokoh
PendiriThích Nhất Hạnh, Chân Không
Situs
LokasiThénac, Dordogne, Prancis

Wihara Plum Village (bahasa Vietnam: Làng Mai, Prancis: Village des pruniers) adalah sebuah wihara Buddha yang berasal dari Tradisi Plum Village di Dordogne, selatan Prancis. Wihara ini didirikan oleh dua biksu Vietnam, Thích Nhất Hạnh (seorang Zen master dan bhikkhu) dan Chân Không (seorang bhikkhuni), pada tahun 1982.[1][2]

Wihara ini mengikuti aliran kebatinan pada Agama Buddha dengan sudut pandang Mahayana, yang menerapkan ajaran Zen dan Theravada. Ajarannya berisi perilaku sehari-hari mulai dari duduk, berjalan, makan, berbicara, mendengarkan, dan bekerja. Praktik-praktik ini terintegrasi dengan pedoman gaya hidup yang disebut "pelatihan lima kesadaran", yang membawa dimensi etis dan spiritual dalam kehidupan pribadi dan sosial. Lima prinsip ini yaitu :

  1. Menghindari serangan pada makhluk yang bernapas.
  2. Menghindari mengambil apa yang tidak diberikan.
  3. Menjauhkan diri dari kesalahan tentang kenikmatan indra.
  4. Menghindari ucapan yang salah.
  5. Menjauhkan diri dari minuman beralkohol atau obat-obatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert Harlen King Thomas Merton and Thich Nhat Hanh: Engaged Spirituality in an Age of Globalization 2001
  2. ^ Jean Baubérot, Franck Frégosi, Jean-Paul Willaime Le religieux dans la commune: régulations locales du pluralisme en France 2001 - p288 "On observe en effet, à Strasbourg, l'émergence d'un groupe encore informel qui se constitue autour de plusieurs personnes habituées à la fréquentation du « village des pruniers » de Thich Nhât Hanh dans le Périgord. Ce moine vietnamien ..." p289 "Bien que le maître réside en France, c'est paradoxalement aux Etats-Unis et au Canada que les centres sont les plus développés. Ce qui caractérise la voie préconisée par Thich Nhât Hanh, ce sont des méditations assises ainsi que la..."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]