Wiener Sängerknaben

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konser Wiener Sängerknaben di Wiener Musikverein pada tahun 2003.

Wiener Sängerknaben (Inggris: Vienna Choir Boys) adalah kelompok kur anak laki-laki soprano dan alto yang berasal dari Wina, Austria. Kelompok ini merupakan salah satu kelompok kur paling terkenal di dunia. Sebagian besar anggotanya berasal dari Austria, tetapi terdapat pula anggota dari negara lain.

Kur ini merupakan organisasi swasta nirlaba. Diperkirakan terdapat 100 anggota yang berusia antara sepuluh hingga empat belas tahun. Mereka terbagi menjadi empat kelompok kur yang dinamai dari komponis Bruckner, Haydn, Mozart dan Schubert. Bersama-sama mereka mengadakan sekitar 300 konser setiap tahunnya di hadapan hampir 500.000 hadirin. Setiap kelompok melakukan tur selama sembilan hingga sebelas minggu.[1]

Kur ini merupakan keturunan modern kelompo kur anak laki-laki di Istana Wina yang berasal dari abad pertengahan akhir. Kelompok ini didirikan oleh Kaisar Maximilian I dari Habsburg pada 30 Juni 1498. Peran kur ini adalah untuk mengiringi musik saat misa gereja.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History from the Official web-site of the Choir". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-27. Diakses tanggal 2017-08-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]