Wheely Willy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sampul buku How Willy Got His Wheels

Wheely Willy (lahir tahun 1991 – meninggal 29 Desember 2009 pada umur 17–18 tahun) adalah seekor anjing chihuahua lumpuh dari Long Beach, California yang menjadi seekor anjing selebriti sebagai peran utama dua buah buku anak-anak yang terjual secara laris. Anjing ini sering muncul di tempat umum mempromosikan perasaan saling memahami antara mereka yang mengalami kecacatan badaniah dengan mereka yang tidak. Selepas kemunculannya di stasiun televisi Animal Planet, anjing ini dikenal sebagai Wheely Willy.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Willy didapati telantar di dalam sebuah kotak kardus, mengalami cedera tulang punggung dan kerongkongan yang tersayat. Willy dimasukkan ke sebuah rumah sakit hewan untuk dirawat, dan tinggal di sana selama setahun tanpa ada yang mau mengadopsi. Seorang pencinta hewan, Deborah Turner, mengambil keputusan untuk membawa anjing ini ke rumahnya, karena jika anjing ini terus dibiarkan di sana, maka anjing ini akan dibunuh.

Mula-mulanya Willy yang berat sebanyak 1 kg ini perlu dibawa dengan tangan, tetapi Turner beberapa kali mencoba untuk membuat anjing ini bergerak sendiri. Dia mencoba mengikat balon helium pada kaki belakang anjing ini dan lalu mencoba menaruhnya di atas sebuah skateboard dan bisa sedikit berhasil.

Akhirnya, Turner tertarik dengan sebuah iklan gerobak K-9, sejenis kursi roda yang dibuat untuk digunakan oleh anjing. Willy menyesuaikan diri dengan moda kendaraan ini secara cepat; perasaan ingin tahu pada para pelanggan dan rekan-rekan Turner mengakibatkan liputan berita lokal dan selepas itu menjadi terkenal secara internasional.

Willy telah berkeliling dunia, kebanyakannya ke rumah-rumah sakit. Willy juga mengambil bagian di acara-acara seperti Cystic Fibrosis Fun Walk dan Maraton Los Angeles.

Ketabahan dan sifat baik anjing ini sering disebut sebagai suatu inspirasi bagi orang yang menjumpainya.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Wheely Willy
  • Deborah Turner, Diana Mohler, authors; Rhonda McHugh, illustrator (1998). How Willy got his Wheels. ISBN 0-944875-54-8
  • Deborah Turner, Diana Mohler, authors; Sue Ehrends, illustrator (2003). How Willy Got His Wings: The Further Adventures of Wheely Willy. ISBN 0-944875-88-2
  • Colleen Needles, Kit Carlson, Kim Levin (2000). Working Dogs: Tales from Animal Planet's K-9 to 5 World. ISBN 1-56331-843-1

Pranala luar[sunting | sunting sumber]