Wen Yang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Wen Yang (238 - 291), alias Wen Ciqian dengan nama kelahiran Wen Chu, adalah seorang Jendral pada Zaman Tiga Negara. Ia adalah anak pertama dari Wen Qin, Gubernur perfektur Nan Yang (meliputi Shou Chun, Ru Nan, Jiang Xia) pada tahun 253 M. Karena Sima Shi yang saat itu memiliki kuasa sebagai Perdana Menteri Wei dengan semena-mena menggulingkan Cao Fang dari jabatan Kaisar Wei, maka Wen Qin bekerja sama dengan Guangjiu Qian memberontak terhadap klan Sima.

Wen Yang dikenal karena ketangguhan dan keberaniannya, terutama saat berperang menyerbu perkemahan pasukan Sima Shi. Keberaniannya ini bahkan dibandingkan dengan Zhao Yun dari Shu . Pemberontakan ini akhirnya berhasil digagalkan oleh Sima Shi, Wen Qin yang menderita kekalahan terpaksa menyerah pada Wu.

Pada tahun 257, Wen Qin bersama Zhuge Dan yang telah didukung Wu menyatakan perang terhadap klan Sima yang saat itu dipimpin oleh Sima Zhao. Dengan perang yang terus berjalan, ransum pasukan Wu menipis dan terjadi pergolakan antar Wen Qin dengan Zhuge Dan, menyebabkan Wen Qin tewas di tangannya. Wen Yang bersama adiknya, Wen Hu, berniat membalaskan dendam Ayahnya, namun gagal sehingga keduanya terpaksa menyerah pada Sima Zhao. Dengan bergabungnya Wen bersaudara ke pasukan Sima, moral pasukan Wu menurun dan akhirnya Pemberontakan Shouchun berhasil dipadamkan.

Sejak saat itu, Wen Yang melayani Wei, dan kemudian Dinasti Jin. Karirnya bergemilang saat ia berhasil menumbangkan suku Xianbei dari utara pada tahun 265.

Pada tahun 291, Wen Yang dieksekusi mati bersama seluruh anggota keluarga setelah difitnah oleh Sima Yao, cucu dari Zhuge Dan, bahwa Wen Yang hendak melakukan pemberontakan bersama Yang Jun, seorang mantan pegawai Jin.