Weaver Adams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Weaver Warren Adams (28 April 1901 – 6 Januari 1963) ialah seorang master catur, pengarang, dan teoretikus pembukaan catur berkebangsaan Amerika Serikat. Prestasi kompetisi terbesarnya adalah kemenangannya dalam Kejuaraan Catur Terbuka Amerika Serikat pada tahun 1948. Ia bermain dalam Kejuaraan Catur Amerika Serikat sebanyak 5 kali.

Adams terkenal akan pernyataan kontroversialnya bahwa 1.e4 yang digerakkan terlebih dahulu menawarkan keuntungan menang atas bidak putih. Ia terus menganjurkan teori ini dalam buku dan artikel majalah dari tahun 1939 hingga beberapa saat sebelum kematiannya. Pernyataan Adams umumnya telah dicibir oleh dunia catur. Namun, Master Internasional Hans Jack Berliner dalam bukunya yang terbit tahun 1999 menunjukkan penghargaan untuk Adams, dan secara serupa menyatakan bahwa bidak putih memiliki potensi menang, meski hanya dengan 1.d4, bukan 1.e4.

Adams tak berhasil dalam menunjukkan keabsahan teorinya dalam turnamen dan pertandingan adunya sendiri. Memang, apa yang dihasilkannya itu gagal karena ia menerbitkan analisis garis kemenangan bidak putih, sehingga menghilangkan unsur kejutan dan memungkinkan lawannya mempersiapkan balasan untuk garis piaraannya ini. Juara Dunia Bobby Fischer sukses menggunakan Serangan Adams, jalur yang dianjurkan oleh Adams terhadap Variasi Najdorf dari Pertahanan Sisilia.