Washington Black

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Washington Black
Edisi pertama
PengarangEsi Edugyan
Negara Kanada
BahasaInggris
PenerbitHarperCollins
Tanggal terbit
2018
Jenis mediaPrint (Hardcover, Paperback)
Didahului olehHalf-Blood Blues 

Washington Black adalah novel ketiga karya penulis Kanada Esi Edugyan. Novel ini diterbitkan pada tahun 2018 oleh HarperCollins di Kanada dan oleh Alfred A. Knopf di Amerika Serikat.[1] Sebuah novel bildungsroman[2] ceritanya mengikuti kehidupan awal George Washington "Wash" Black, mencatat pelariannya dari perbudakan dan petualangan selanjutnya. Novel ini memenangkan 2018 Scotiabank Giller Prize,[3] dan terpilih untuk Man Booker Prize dan Rogers Writers 'Trust Fiction Prize.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

George Washington "Wash" Black dilahirkan dalam perbudakan di Faith Plantation di Barbados. Dia dibesarkan oleh Big Kit, budak lain, yang lahir di Dahomey dan mengingat kehidupan sebelum perbudakan. Ketika Wash berusia sebelas, pemilik perkebunan mati dan perkebunan itu diserahkan kepada keponakannya, Erasmus Wilde yang sangat kejam. Kehidupan Wash terus berlanjut seperti sebelumnya, dengan memecah tenaga kerja di ladang, sampai dia dan Big Kit dipanggil untuk melayani di rumah utama. Di sana ia bertemu dengan adik Wilde, Christopher "Titch" Wilde, seorang ilmuwan, yang mendaftarkan Wash sebagai pelayannya. Titch mengajarkan Wash untuk membaca dan memasak dan, setelah menyadari bahwa ia adalah seniman yang luar biasa, memungkinkannya untuk fokus pada menggambar. Titch dan Erasmus kemudian bergabung dengan sepupu mereka yang tidak menyenangkan, Philip. Titch meminta bantuan Wash dalam pembangunan pesawat hidrogen, dan sebagai akibatnya Wash ini menerima luka bakar wajah yang serius dalam ledakan gas.

Philip akhirnya mengungkapkan kepada Erasmus dan Titch bahwa ayah mereka telah meninggal, membuat Erasmus menetas rencana untuk kembali ke Inggris selama beberapa tahun, meninggalkan Titch yang bertanggung jawab. Dia lebih jauh menolak untuk menjual Wash to Titch, setelah menyadari seberapa dekat mereka dan bakat artistik Wash. Sementara pengaturan masih dilakukan, Phillip memimpin Wash ke pemotong awan dan kemudian membunuh dirinya sendiri di depan Wash. Ketika Wash mengungkapkan apa yang terjadi, Titch menyadari bahwa Erasmus akan membunuh Wash sebagai pembalasan atas kematian Phillip. Untuk menyimpan Cuci dua pelarian di cloud-cutter. Karena badai yang tiba-tiba, mereka hanya bisa melaut di mana Titch mengarahkan mereka untuk menabrak kapal dagang. Di sana mereka bertemu dengan kapten Jerman Bendikt Kinast dan saudaranya, dokter kapal Theo Kinast. Meskipun saudara-saudara menebak bahwa Wash adalah budak yang melarikan diri,

Di Virginia, Titch mengetahui bahwa saudaranya telah menyewa seorang pemburu hadiah untuk menangkap Wash, seorang Tn. Willard. Sementara di sana mereka juga bertemu dengan penpal Titch bernama Edward Farrow, yang adalah abolisionis . Sementara di Farrow's Titch juga mengetahui bahwa ayahnya mungkin masih hidup, mendorongnya untuk memutuskan untuk pergi ke Kutub Utara untuk menemuinya. Farrow dan Titch menawarkan Cuci kesempatan untuk melarikan diri ke Kanada Atas di mana mantan budak dapat hidup dalam kebebasan. Wash menolak dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanannya dengan Titch, bergabung dengannya dalam perjalanannya ke Kutub Utara.

Di Kutub Utara, Titch mengetahui bahwa ayahnya sebenarnya hidup, tetapi Wash terkejut bahwa reuni mereka begitu dingin, dan ayah Titch acuh tak acuh terhadap putranya. Wash mendesak Titch untuk memberitahunya bahwa mereka dalam pelarian dari Erasmus, tetapi bukannya membantunya, Mr. Wilde tidak peduli dengan putra-putranya dan pertengkaran mereka. Hancur oleh ayahnya, Titch memutuskan untuk meninggalkan Kutub Utara dan Wash. Meskipun Wash mencoba mengikutinya, dia tidak berhasil, dan Titch menghilang selama badai salju. Tn. Wilde mencoba menemukannya, tetapi setelah mencari selama beberapa hari, dia kembali dengan tangan kosong dan meninggal karena demam. Tidak lagi di bawah perlindungan Wilde, Wash memutuskan untuk menerima saran Titch dan memukimkan kembali di Shelburne, Nova Scotia. Dari usia tiga belas hingga enam belas tahun, Wash menjalani kehidupan yang penuh ketakutan, takut bahwa hadiah di kepalanya akan dikumpulkan. Setelah memata-matai beberapa ubur-ubur di dermaga, ia ingat minatnya pada ilustrasi dan beralih ke gairah itu lagi.

Dia bertemu Tanna, sesama ilustrator bercita-cita tinggi dan putri dari ahli biologi kelautan terkenal GM Goff. Cuci bekerja dengan Goff dan Tanna untuk mengumpulkan dan mengilustrasikan spesimen laut, dan memiliki ide baru untuk membuat akuarium. Tanna dan Wash akhirnya jatuh cinta dan berhubungan seks setelah Wash diserang oleh Mr. Willard. Wash telah melawan serangan Willard, menusuk matanya, tetapi telah melukai dirinya sendiri.

Mendapatkan kabar bahwa Titch mungkin hidup, Wash mengikuti Tanna dan Goff ke London, di mana ketiganya mulai bekerja di akuarium mereka. Wash dan Tanna mencari informasi kehidupan masa lalu Wash dan menemukan bahwa Big Kit adalah ibu Wash. Wash menghadiri hukuman gantung Willard di depan umum untuk pembunuhan di Penjara Newgate.

Wash dan Tanna akhirnya melacak Titch di Marrakesh, Maroko. Di padang pasir di luar Marrakesh, Wash menemukan Titch hidup sendirian dengan seorang anak muda Maroko. Wash menghadapkan Titch tentang waktu mereka bersama dan meninggalkan Wash. Badai padang pasir turun ke atas perkemahan dan, setelah tidak mendapat jawaban yang memuaskan dari Titch, buku itu berakhir dengan Wash mulai berjalan menuju pasir yang berputar.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • George Washington "Wash" Black, seorang anak lelaki yang lahir dalam perbudakan yang secara tidak sengaja dipilih untuk melayani sebagai pengiring pria, Titch menemukannya sebagai hasil dari eksperimen ilmiahnya bahwa ia ialah suatu keajaiban.
  • Big Kit figur ibu Wash, seorang wanita yang lahir di Dahomey yang mengasuh Wash pada tahun-tahun awalnya.
  • Christopher "Titch" Wilde, seorang pria kulit putih yang lahir di Inggris untuk kehidupan yang istimewa, ia adalah putra kedua dan mengikuti jejak ayahnya, tertarik pada sains.
  • Erasmus Wilde, pria yang datang untuk mewarisi perkebunan, Wash hidup setelah tuan sebelumnya meninggal. Erasmus luar biasa kejam dan kedatangannya menyebabkan gelombang bunuh diri di antara para budak.
  • Tanna Goff, seorang wanita ras campuran, putri seorang ilmuwan, yang jatuh cinta dengan Wash.
  • GM Goff, seorang ilmuwan tua yang mulai bekerja dengan Wash pada sejumlah proyek ilmiah.

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Washington Black menerima ulasan positif awal. Jurnal perdagangan Kirkus Reviews, Booklist, dan Jurnal Perpustakaan semua memberikan ulasan buku yang dibintangi.[1][4][5] The New York Times Book Review memuji novel tersebut karena "menyulitkan narasi sejarah dengan berfokus pada satu tokoh unik dan mandiri."[6]. The New Yorker memuji keberhasilan novel itu sebagai fiksi sejarah dan dalam mengambil tema-tema besar seperti cinta dan kebebasan, menulis "Perjuangan itu — kekuatan cinta manusia yang lembut, gigih, dan kerap ditakdirkan — menghantui" Washington Black. "Membakar di laut hitam sejarah seperti ubur-ubur di teluk Nova Scotia, tidak lebih dari sekumpulan gumpalan dalam kegelapan, tetapi kemuliaan tetap sama, betapapun sengatannya."[7]

Novel ini juga terpilih untuk 2018 Booker Prize,[8] the Rogers Writers 'Trust Fiction Prize,[9] dan 2019 Andrew Carnegie Medal for Excellence in Fiction.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]