Wasabi (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wasabi
SutradaraGérard Krawczyk
ProduserLuc Besson
Ditulis olehLuc Besson
PemeranJean Reno
Ryoko Hirosue
Michel Muller
Carole Bouquet
Ludovic Berthillot
Yan Epstein
Penata musikJulien Schultheis
Éric Serra
Nadia Farès
Liam Howlett
DistributorEuropa Corp. Distribution (Prancis)
TriStar Pictures (AS)
Tanggal rilis
31 Oktober 2001 (Prancis)
Durasi94 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaPrancis
IMDbInformasi di IMDb

Wasabi adalah film produksi Prancis tahun 2001 karya sutradara Gérard Krawczyk dengan Luc Besson sebagai produser dan penulis skenario. Dibintangi Jean Reno and Ryoko Hirosue, film ini dirilis di Prancis dengan judul Wasabi, la petite moutarde qui monte au nez.

Wasabi menjadi judul film karena Jean Reno sangat menikmati wasabi yang dimakannya sebagai teman minum sake. Di Prancis, pemutaran film ini dimulai 31 Oktober 2001, dan diikuti pemutaran di Jepang pada tahun berikutnya, 2 Februari 2002.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Perwira polisi Hubert Fiorentini (Jean Reno) menerima kabar kematian Miko, mantan kekasihnya 19 tahun yang lalu. Pengacara Miko, Ishibashi (Hirata Haruhiko) memanggil Hubert ke Jepang untuk mendengar pembacaan surat wasiat yang ditinggalkan Miko.

Isi surat wasiat yang dibacakan Ishibashi menyatakan hak perwalian atas Yumi (Ryoko Hirosue), gadis eksentrik berdarah campuran Jepang-Prancis menjadi tanggung jawab Hubert selama 2 hari, hingga gadis tersebut genap berusia 20 tahun. Di Jepang, usia 20 tahun merupakan usia seseorang dinyatakan dewasa menurut hukum. Hubert menyadari bahwa Yumi adalah putrinya sendiri, tetapi disimpannya di dalam hati karena takut putrinya terkejut dan melarikan diri.

Hubert menemukan bukti-bukti Miko merupakan korban permainan licik, sehingga Hubert meminta bantuan dari Momo (Michel Muller), sahabat lamanya sekaligus mantan spion yang tinggal di Tokyo. Miko ternyata menggelapkan sejumlah uang dari kelompok gangster. Uang tersebut hendak diberikan Miko kepada putrinya bila sudah dewasa. Hubert dan Momo melindungi Yumi dari kelompok yang mengincarnya, sambil menyelidiki lebih jauh penyebab kematian Miko.

Ketika sedang ditawan penjahat, Yumi akhirnya mengetahui Hubert adalah ayah kandungnya. Penyelesaiannya adalah adu tembak.

Lokasi film[sunting | sunting sumber]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]