Walik elok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Walik elok
Ptilinopus pulchellus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22691425
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoColumbiformes
FamiliColumbidae
GenusPtilinopus
SpesiesPtilinopus pulchellus
Temminck, 1835
Tipe taksonomiPtilinopus

Walik elok (bahasa Latin: Ptilinopus pulchellus) adalah burung endemik yang berasal dari Papua[1]. Burung yang termasuk dalam famili Columbidae ini memiliki nama lokal burung Dirro atau Berbai. burung ini tersebar di seluruh pulau Papua, Waigeo, Batanta, Salawati, dan Kepulauan Misol. Burung ini hidup di hutan dataran rendah hingga ketinggian 750 mdpl.

Ciri Fisik[sunting | sunting sumber]

Burung Walik elok ini memiliki ciri fisik berukuran 19 cm, Walik elok memiliki ciri khas warna bulu dada berwarna abu-abu, juga garis merah yang membatasi bagian perut dengan dada, perut burung ini berwarna kuning. Ciri khas dari burung ini adalah memiliki jambul yang biasa disebut mahkota berwarna merah. Burung ini mengeluarkan suara berupa serangkaian nada yang terdengar seperti "hoo-hoo-hoo", nama lokal dari burung Walik elok ini adalah burung Dirro atau Berbai.

Daftar rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maury, Hendra K.; Anggoda, Muhammad Ikhsan; Sangadji, Ade (2021). Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Burung di Papua (PDF). Jakarta: WWF Indonesia. hlm. 63. ISBN 9789791461924.