Walep-terwelu timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Walabi-kelinci timur)
Walep-terwelu timur
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
L. leporides
Nama binomial
Lagorchestes leporides
(Gould, 1841)

Walep-terwelu timur (Inggris Eastern Hare-Wallaby; Latin Lagorchestes leporides) adalah salah satu spesies Walep yang telah punah. Binatang ini dahulu hidup di dataran pedalaman Australia tenggara dan memiliki kebiasaan hidup seperti kelinci. Binatang ini memiliki posisi istirahat yang unik pada siang hari, biasanya di bawah perlindungan serumpun rumput ilalang tussock. Jika binatang ini didekati, maka ia akan meloncat dengan kecepatan penuh. Seekor walep yang dikejar pemangsa atau pemburu pada jarak 500 meter akan menggandakan lompatannya dengan tiba-tiba dan kembali dalam 6 meter dan dapat melompat setinggi 1,8 meter. Hal ini terjadi pada John Gould yang dilompati kepalanya oleh seekor wallabi-kelinci.

Binatang ini dulu merupakan spesies yang umum, namun mungkin bersaing dengan sapi atau domba. Bisa juga ia terkena dampak buruk pola terbakarnya ladang yang berubah atau karena penyebaran kucing. Catatan terakhir melaporkan adanya spesies betina yang ditangkap oleh Mr. Bennett pada bulan Agustus 1889.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Burbidge, A.A.; Woinarski, J. (2016). "Lagorchestes leporides". 2016: e.T11163A21954274. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-2.RLTS.T11163A21954274.en.