Waikiki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Waikiki terlihat dari puncak Diamond Head dengan Taman Kapiolani di dekatnya

Waikīkī atau Waikiki (bahasa Hawaii: vɐiˈkiːˈkiː atau wɐiˈkiːˈkiː) adalah nama sebuah kawasan di Honolulu, Hawaii. Kawasan ini dikenal sebagai daerah wisata dan permukiman dengan pantai bernama Pantai Waikiki. Letaknya di sebelah selatan Pulau Oahu. Kawasan Waikiki terbentang antara Kanal Ala Wai di sebelah barat dan utara hingga ke Diamond Head (ʻahi) di sebelah timurnya. Nama Waikiki berarti air segar yang menyembur dalam bahasa Hawaii untuk mata air yang mengalir di wilayah tersebut, dan dulu pernah memisahkan Waikiki dengan kawasan pedalaman. Waikiki sejak lama dikenal sebagai tempat wisata. Pada tahun 1800-an, Waikiki sudah menjadi tempat peristirahatan anggota keluarga Kerajaan Hawaii.

Pantai Waikiki dengan latar belakang Puncak Diamond Head

Saat ini permukiman dan pantai Waikiki telah menjadi pusat industri pariwisata di Hawaii. Di kawasan Waikiki terdapat hotel dan resor mewah, seperti Hilton Hawaiian Village, Halekulani hotel, Hyatt Regency Waikiki, dan Sheraton Waikiki. Di antara hotel-hotel di Waikiki terdapat hotel bersejarah yang dibangun pada awal abad ke-20, seperti: Moana Surfrider Hotel dan Royal Hawaiian Hotel).

Pantai Waikiki di saat senja

Pantai Waikiki adalah pantai yang ramai dengan wisatawan. Dari pantai bisa dilihat pemandangan gunung berapi Diamond Head yang sudah tidak aktif. Pantai Waikiki sebenarnya tidak terlalu lebar, dan setengahnya merupakan kawasan untuk berselancar. Hingga agak jauh ke laut lepas, airnya agak dangkal. Di dasar laut terdapat banyak karang, sehingga orang harus berhati-hati sewaktu menginjakkan kaki. Ombak Waikiki cukup besar, terutama pada saat musim angin bertiup kencang. Berselancar di Waikiki terkenal dengan gulungan ombak yang ideal untuk berselancar long boarding, tandem, dan juga bagi peselancar pemula. Pantai Waikiki mengadakan banyak acara sepanjang tahun termasuk kompetisi selancar, pertunjukan seni, tari hula dan lomba kano bercadik.

Sejak lama Pantai Waikiki mengalami masalah erosi, sehingga dibangun pemecah ombak dan program perluasan pantai. Pada tahun 1920-an dan 1930-an, pasir di Pantai Waikiki ditambah dengan pasir yang diangkut dengan kapal dan tongkang dari Pantai Manhattan, California.[1] Impor pasir dihentikan pada tahun 1970-an dan para pejabat setempat mencari cara untuk mempertahankan pasir yang masih tersisa dari pada serangan air pasang.[2]

Sejak 2001, di Pantai Waikiki sering ditayangkan film gratis. Wisatawan dapat menonton film yang ditayangkan pada layar selebar 10 meter. Acara pemutaran film di Pantai Waikiki diberi nama Sunset on the Beach.

Di Waikiki juga banyak terdapat tempat-tempat bersejarah, seperti Taman Kapiolani, Fort de Russy Military Reservation, Laguna Kahanamoku, Taman Kuhio Beach, dan Pelabuhan Ali Wai.

Panorama Pantai Waikiki

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bonnie Beckerson (2001). "City of Manhattan Beach History". Diakses 2006-06-18. 
  2. ^ http://www.cnn.com/2003/US/West/07/05/waikiki.sand.ap/index.html Where's Waikiki's sand? Experts believe Hawaii's most famous beach is eroding July 5, 2003

Koordinat: 21°16′31″LU 157°49′52″BB / 21,2752°LU 157,8312°BB / 21.2752; -157.8312