Waifu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cosplayer berkostum sebagai tempat sampah pada Anime Expo 2016 dengan waifu Chitoge Kirisaki dari anime Nisekoi.
Dakimakura zu Garakowa: Restore the World

Waifu (Jepang: ワイフ, dari kata "wife" yang berarti "istri") adalah sebuah karakter fiksi perempuan yang memiliki hubungan khusus atau basis penggemar. Karakter-karakter tersebut sering kali merupakan bagian dari anime, manga atau permainan video Jepang. Terkadang, karakter-karakter tersebut juga digambarkan pada guling khusus (disebut guling waifu atau dakimakura) atau barang lain.[1][2] Di Jepang sendiri, terutama di era modern saat ini, waifu disebut sebagai ore no yome (俺の嫁) yang berarti "istriku", yang secara tidak langsung merujuk pada karakter fiksi dari anime, manga, atau permainan video. Lawan kata dari waifu adalah husbu (フスブ) atau husbando (フスバンド) yang berasal dari kata "husband".

Waifu juga berarti istri khayalan karena berasal dari bahasa Inggris wife yg berarti istri. Wibu biasanya punya banyak waifu baik tipe musiman maupun "waifu sejuta umat" yang tidak mengenal anime yang sedang dalam masa tayang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Why Adults Fall In Love With (And Spend Big Money On) Cartoon Characters - Forbes". 2015-06-21. Archived from the original on 2015-06-21. Diakses tanggal 2017-10-29. 
  2. ^ "Japan has taken hologram girlfriends to the next level" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-29.