Wader mirah delima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wader mirah delima
Puntius nigrofasciatus
Status konservasi
Rentan
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoCypriniformes
FamiliCyprinidae
GenusPuntius
SpesiesPuntius nigrofasciatus
(Günther, 1868)
Tata nama
Sinonim takson
  • Barbus nigrofasciatus Günther, 1868
  • Puntius nigrofasciatus (Günther, 1868)
ProtonimBarbus nigrofasciatus

Wader mirah delima ( Pethia nigrofasciata, sebelumnya Puntius nigrofasciatus ) atau wader kepala ungu adalah ikan cyprinid tropis yang endemik di Sri Lanka, di mana ia hidup di aliran hutan dari cekungan Kelani hingga cekungan Nilwala . Mereka ditemukan di sungai di perbukitan sekitar 1000 ft (300 m) di ketinggian. Populasi berwarna cerah yang diperkenalkan ke Mahaweli di Ginigathena, Sri Lanka, dikatakan telah berkurang jumlahnya karena perdagangan ekspor akuarium.[2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ikan muda memiliki tubuh abu-abu kekuningan dengan garis vertikal hitam. Tubuh perak berubah menjadi warna merah delima gelap pada jantan dewasa yang sedang berkembang biak. Pada betina, bagian basal dari semua sirip vertikal berwarna hitam. Pada jantan, seluruh sirip punggung berwarna hitam pekat, sirip dubur berwarna merah kehitaman, dan sirip perut berwarna ungu. Ikan akan tumbuh dengan panjang maksimal 2 – 3 inci (6 – 8 cm) dengan betina sedikit lebih panjang dari jantan.

Kondisi air[sunting | sunting sumber]

Wader mirah delima secara alami hidup di iklim tropis di antara aliran hutan yang sejuk, teduh, dan mengalir dengan tenang dengan substrat kerikil atau pasir . Makanan mereka terutama terdiri dari ganggang berserabut dan detritus . Mereka lebih suka air dengan pH 6,0 – 6,5, kesadahan air 5 – 12 dGH, dan kisaran suhu 72 – 79 °F (22 – 26 °C).

Di akuarium[sunting | sunting sumber]

Banyak ruang harus disediakan untuk ikan ini, dengan banyak cahaya dan penutup tanaman terapung yang dangkal dan vegetasi yang cukup (setengah hingga dua pertiga dari area tangki). Lapisan humus harus dibiarkan di bagian bawah. Spesies ini baik untuk memelihara duri lain dan ikan sejenis. Di penangkaran, ikan itu omnivora, dengan nafsu makan yang sehat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ de Alwis Goonatilake, S.; Fernado, M.; Kotagama, O. (2019). "Pethia nigrofasciata". 2019: e.T18895A174840894. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T18895A174840894.en. 
  2. ^ Pethiyagoda, R., Meegaskumbura, M. & Maduwage, K. (2012): A synopsis of the South Asian fishes referred to Puntius (Pisces: Cyprinidae). Ichthyological Exploration of Freshwaters, 23 (1): 69–95.