Wikipedia:Kotak pengguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:U)

Kotak pengguna atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Userbox adalah templat kotak info yang diletakkan di halaman pengguna yang memberikan informasi mengenai diri seorang pengguna Wikipedia. Kotak pengguna merupakan pengembangan dari babel yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan bahasa pengguna.

Penggunaan utama kotak pengguna dan kategori pengguna adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna lain mengenai bantuan yang dapat Anda berikan. Sebagai contoh, jika Anda menguasai suatu bahasa atau memiliki kemampuan profesional dalam suatu bidang, pengguna lain dapat berharap untuk mendapatkan bantuan Anda di bahasa atau bidang yang tersebut.

Kotak pengguna umumnya digunakan untuk menunjukkan minat, kemampuan, informasi teknis, aktivitas di Wikipedia, atau sekedar lucu-lucu-an. Penggunaan kotak pengguna yang kontroversial atau condong pada suatu sudut pandang tertentu (lihat Wikipedia:Sudut pandang netral) secara umum tidak dianjurkan. Kotak pengguna yang kontroversial sebaiknya dipindahkan ke subhalaman pengguna (lihat Wikipedia:Migrasi kotak pengguna)

Templat dan kategorisasi[sunting sumber]

Templat dasar kotak pengguna adalah {{userbox}}. Lihat halaman templat tersebut untuk keterangan lengkap mengenai cara penggunaan. Semua templat kotak pengguna turunan dari templat dasar sebaiknya diawali dengan nama "Kotak pengguna" dan dimasukkan dalam Kategori:Templat kotak pengguna dengan memberikan tag <noinclude>[[Kategori:Templat kotak pengguna|Nama templat]]</noinclude> pada templat kotak pengguna tersebut.

Penggunaan[sunting sumber]

Biasanya seorang pengguna memiliki lebih dari satu kotak pengguna. Gunakan {{userboxtop}} dan {{userboxbottom}} untuk mengawali dan mengakhiri kelompok kotak pengguna Anda. Untuk memisahkan kelompok kotak pengguna, gunakan {{userboxbreak}}.

Contoh sintaks:Hasil contoh:
{{userboxtop}}
{{user id}}
{{user en-3}}
{{user jv-1}}
{{userboxbreak|&nbsp;}}
{{pengguna laki-laki}}
{{pengguna Taurus}}
{{pengguna menikah}}
{{pengguna fisika}}
{{userboxbottom}}
Keterangan
Userbox
en-3This user is able to contribute with an advanced level of English.
jv-1Panganggé punika panutur ibu
basa Jawi
.
 
Pengguna ini adalah seorang
laki-laki
Pengguna ini berzodiak Taurus.
Pengguna ini sudah menikah.
Pengguna ini dapat diajak berdiskusi mengenai fisika.
Lihat Kategori:Templat kotak pengguna.

Kotak penggguna di Wikipedia Bahasa Indonesia dikelompokkan menurut jenisnya, seperti status, politik, kepercayaan, minat, hobi, pendidikan, profesi, domisili, suku, bahasa, dan lain-lain. Penggunaan kotak pengguna bahasa pengguna secara detil dijelaskan di Wikipedia:Babel.

Belum tersedia?[sunting sumber]

Jika kotak pengguna yang Anda cari belum tersedia atau belum dibuat, Anda dapat memohon agar kotak pengguna tersebut untuk dibuatkan di halaman ini.

Untuk membuat sendiri templat kotak pengguna, Anda dapat menyalin contoh sederhana berikut dan menyesuaikan isinya. Untuk daftar parameter lengkap yang dapat Anda gunakan, lihat {{userbox}}

{{userbox
|logo            = [[Berkas:Wikipedia-logo.png|38px]]
|info            = Pengguna ini adalah pecandu '''[[Wikipedia]]'''
|border-color    = #808080
|logo-background = #FFFFFF
|info-background = #DBDBDB
}}{{#if:{{{kat|}}}||<includeonly>
[[Kategori:Pengguna pecandu Wikipedia|{{PAGENAME}}]]</includeonly>}}<noinclude>
[[Kategori:Templat kotak pengguna Wikipedia|Pecandu Wikipedia]]
</noinclude>

Lihat pula[sunting sumber]