Volkstaat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Volkstaat

Bendera
Bendera
Usulan wilayah Volkstaat
Usulan wilayah Volkstaat
StatusDiusulkan
Bahasa resmiAfrikaans
DemonimAfrikaner
PemerintahanRepublik merdeka atau wilayah otonom di Afrika Selatan
Volkstaat
1960an-1990an
• Pendirian Orania
6 April 1991
23 April 1994
• Pendirian Dewan Volkstaat
16 Juni 1994
• Diusulkan oleh Dewan Volkstaat
31 Maret 1999
Penduduk
 - Perkiraan 2017
1.500.000 Boer/Afrikaner
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

"Volkstaat" (dalam bahasa Afrikaans berarti "negara rakyat") adalah istilah yang mengacu kepada usulan yang ingin mewujudkan hak penentuan nasib sendiri untuk kelompok Afrikaner di Afrika Selatan, baik itu dalam bentuk wilayah otonom di Afrika Selatan atau pendirian negara Boer/Afrikaner yang merdeka.

Setelah peristiwa Die Groot Trek pada tahun 1830-an dan 1840-an, orang-orang Boer atau Afrikaner mendirikan beberapa republik Boer yang pada akhirnya ditaklukan oleh Britania Raya. Setelah dihapuskannya apartheid di Afrika Selatan pada tahun 1994, beberapa orang Afrikaner merasa kecewa dan dikesampingkan oleh perubahan politik yang terjadi, sehingga muncul usulan pendirian Volkstaat yang otonom atau bahkan merdeka.

Pendirian Volkstaat dipersulit oleh tersebarnya komunitas Afrikaner di Afrika Selatan dan kelompok Afrikaner sendiri tidak menjadi kelompok mayoritas di wilayah geografis yang dapat berdikari. Beberapa pendukung usulan ini telah mendirikan kooperasi tanah di Orania dan Kleinfontein.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]