Viva Macau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
VIVA Macau
IATA ICAO Kode panggil
ZG VVM JACKPOT
Didirikan2005
Berhenti beroperasi28 Maret 2010
PenghubungBandar Udara International Macau
Program penumpang setiaN/A
Lounge bandaraN/A
Armada2
TujuanJakarta (CGK), Denpasar (DPS), Melbourne (MEL), Sydney (SDY), Ho Chi Minh (SGN), Macau (MFM), Beijing (PEK), Seoul (ICN), Chengdu (CTU), Guangzhou (GZG), Sapporo (CTS), Kuala Lumpur (KUL), Singapore (SIN), London (LGW), Osaka (KIX), Bangkok (BKK), Los Angeles (LAX), New York (JFK), Seattle (SEA), Tokyo (NRT)
Slogan"simply different"
Perusahaan indukMacau Eagle Aviation Services Ltd. dan Lion Air, maskapai penerbangan di Indonesia Indonesia
Kantor pusatMacau, Republik Rakyat Tiongkok
Tokoh utamaAndrew Pyne (pendiri dan CEO), Ngan In Leng (presiden)
Situs webhttp://www.flyvivamacau.com
http://www.flyvivamacau.com.au

Viva Macau merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Macau. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Internasional Macau (MFM). Maskapai ini berencana untuk memfokuskan bisnisnya pada penerbangan jarak jauh dari Macau menuju Amerika Utara, Timur Tengah, Eropa dan Australia, juga kota tujuan regional. Maskapai ini meluncurkan penerbangan pertamanya menuju Jakarta, Phuket, Haiphong dan Malé pada Desember 2006. Maskapai ini menghentikan operasi pada tanggal 28 Maret 2010, setelah mengalami kesulitan keuangan yang disebabkan krisis keuangan global yang melanda dunia pada tahun 2007.

Armada[sunting | sunting sumber]

Pada 19 Mei 2006, maskapai ini mengumumkan bahwa mereka akan menyewa 2 Boeing 767 dari perusahaan penyewaan AWAS. Rencana untuk penerbangan jarak jauh dapat menambah armada mereka 12 hingga 15 pesawat - diperkirakan pada waktu itu mereka menggunakan Airbus A350 atau Boeing 787. Namun, kesulitan keuangan yang melanda maskapai ini membuat komitmen tersebut tidak relevan lagi.

Viva Macau telah mengoperasikan pesawat berikut ini (Agustus 2006):

Partner[sunting | sunting sumber]

Maskapai nasional de facto Macau, Air Macau, telah menandatangani perjanjian yang mengizinkan Viva Macau beroperasi (sejak Air Macau memegang hak lalu lintas udara menuju kota tujuan). Dengan tambahan, Viva Macau bernegosiasi dengan Air Macau untuk bekerjasama dan pertukaran kode. Kedua maskapai tersebut diperkirakan untuk tidak saling berkompetisi, sementara Air Macau melanjutkan penerbangannya menuju China dan Taiwan. Ketika Viva Macau mulai menghadapi kesulitan keuangan, pemerintah Makau memerintahkan Air Macau membatalkan semua kerjasama dengan Viva Macau, dengan dugaan bahwa maskapai ini tidak mampu melayani penumpang yang terganggu akibat penundaan dan pembatalan penerbangan. Setelah itu, pemerintah kemudian mencabut lisensi terbang (AOC) Viva Macau, mengakhiri operasi maskapai ini.

Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

Viva Macau Boeing 767-200ER bekas:Aeromexico
Viva Macau Boeing 767-300 bekas:PBair

Viva Macau mengoperasikan penerbangannya menuju kota-kota berikut ini, sebelum memutuskan berhenti beroperasi:

Viva Macau menerima izin pada 31 Mei 2007 dari Pemerintah Macau untuk penerbangan menuju Sydney (15 Agustus 2007), Tokyo (charter), Osaka, Manila (Clark), Ho Chi Minh City dan Busan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]