Viridis Visconti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Viridis Visconti
istri Adipati Austria
Coat of arms of the House of Visconti (1395).svg
AyahBernabò Visconti
IbuBeatrice Regina della Scala
PasanganLeopold III, Adipati Austria
AnakWilliam
Leopold IV
Ernest yang Kuat
Frederick IV

Viridis Visconti atau Verde Visconti (1352–1414) merupakan seorang bangsawan wanita dari Italia, putri Bernabò Visconti dan istrinya Beatrice Regina della Scala. Oleh pernikahannya dengan Leopold III, Adipati Austria, Viridis merupakan permaisuri Austria, Stiria dan Kärnten, ia juga merupakan permaisuri Tirol.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Viridis dilahirkan di Milan, Italia dan yang kedua dari 17 anak.

Saudarinya, Taddea Visconti menikah dengan Stephan III dari Bayern dan adalah ibu Elisabeth von Bayern-Ingolstadt, istri Charles VI dari Prancis. Viridis dan saudari-saudarinya menikah untuk keuntungan politik keluarga mereka.

Eyang maternalnya adalah Mastino II della Scala dan istrinya Taddea da Carrara. Eyang paternalnya adalah Stefano Visconti dan istrinya Valentina Doria.

Ayah Viridis, Bernabò merupakan seorang raja yang lalim, seorang musuh berkepala batu Gereja. Ia menyita kota kepausan Bologna, menolak Paus dan otoritasnya, menyita properti gerejawi, dan melarang para pengikutnya untuk bertransaksi dengan Curia. Ia dikucilkan sebagai seorang orang bidaah pada tahun 1363 oleh Paus Urban V, yang melaksanakan perang salib melawannya.[1] Ketika Bernabò sedang berada di salah satu amukannya, hanya ibu anak-anak, Beatrice Regina yang dapat mendekatinya.[2]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Viridis menikah dengan Leopold III, Adipati Austria, putra Albert II, Adipati Austria dan istrinya Johanna dari Pfirt.[3] Pasangan itu memiliki 6 orang anak:

  1. William
  2. Leopold
  3. Ernest yang Kuat
  4. Frederick
  5. Elisabeth (1378–1392)
  6. Katharina (1385–?) Kepala Biarawati Santa Klara di Wina

Viridis menjadi janda pada tahun 1386 dan putra sulung mereka, William menjadi Adipati di Austria.

William dijodohkan dengan Jadwiga dari Hongaria, putri bungsu raja negara tetangga, yang merupakan upaya pertama Istana Habsburg untuk mengembangkan pengaruh mereka di Eropa Tengah bagian Timur dengan menikah pewaris, pepatah mengatakan Bella gerant alii: tu felix Austria nube (Biarkan yang lain berperang: orang Austria bergembira, dengan pernikahan). Pernikahan tersebut dibatalkan.

Viridis meninggal pada tanggal 1 Maret 1414, dan dimakamkan di Sittich, Kärnten

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barbara W. Tuchman, A Distant Mirror, p.263
  2. ^ Tuchman, p.254
  3. ^ MILAN Medieval Lands