Viorica Dăncilă

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Viorica Dăncilă
Perdana Menteri Rumania
Mulai menjabat
29 Januari 2018
PresidenKlaus Iohannis
PendahuluMihai Fifor (Penjabat)
Anggota Parlemen Eropa
untuk Rumania
Masa jabatan
21 Januari 2009 – 28 Januari 2018
PenggantiGabriela Zoană
Informasi pribadi
LahirVasilica Viorica Dăncilă
16 Desember 1963 (umur 55)
Roşiorii de Vede, Rumania
Partai politikPartidul Social Democrat
PasanganCristinel Dăncilă[1]
Anak1
Alma materUniversitas Minyak-Gas
Sekolah Nasional Ilmu Politik dan Administrasi

Vasilica Viorica Dăncilă (lahir di Roşiorii de Vede, 16 Desember 1963; umur 55 tahun)[2] adalah seorang politikus Rumania yang menjabat sebagai Perdana Menteri Rumania sejak 29 Januari 2018.[3] Ia adalah wanita pertama dalam sejarah Rumania yang memegang jabatan Perdana Menteri. Pada tahun 2014, ia terpilih sebagai anggota Parlemen Eropa untuk masa jabatan kedua dari Partai Sosial Demokrat (PSD). Viorica Dăncilă juga adalah Presiden Organisasi Perempuan Demokratik Sosial (OFSD) sejak tahun 2015.

Viorica Dăncilă menjadi anggota Partai Sosial Demokrat pada tahun 1996.[4] Selama bertahun-tahun ia telah memegang beberapa posisi di PSD dan pemerintah daerah. Viorica Dăncilă adalah seorang anggota dewan tingkat lokal dan anggota dewan tingkat provinsi sampai tahun 2009, saat ia terpilih sebagai Anggota Parlemen Eropa untuk masa jabatan pertamanya. Viorica Dăncilă juga menduduki beberapa posisi kepemimpinan di partai tersebut, sebagai presiden organisasi perempuan partai tingkat daerah, Wakil Presiden PSD tingkat Provinsi Teleorman dan Presiden Organisasi Perempuan Demokratik Sosial tingkat Provinsi Teleorman.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia adalah seorang insinyur di Petrom dan sebelum itu ia pernah menjadi guru di Sekolah Tinggi Industri Videle.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ M. Z. (19 Januari 2018). "Cum arată soțul premierului Viorica Dăncilă și cu ce se ocupă acesta - GALERIE FOTO". Antena 3 (dalam bahasa Rumania). 
  2. ^ Lucian Negrea (16 Januari 2018). "BIOGRAFIE - Cine este Viorica Dăncilă, premierul propus de PSD". stiripesurse.ro (dalam bahasa Rumania). 
  3. ^ "Romanian Protests Put Ruling Party Under Renewed Pressure". 22 Januari 2018. Diakses tanggal 29 Januari 2018 – via www.bloomberg.com. 
  4. ^ "Portret: Cine este Viorica Dăncilă, premierul desemnat al României". Digi 24 (dalam bahasa Rumania). 17 Januari 2018. 
Jabatan politik
Didahului oleh:
Mihai Fifor
Penjabat
Perdana Menteri Rumania
2018–sekarang
Petahana