Iuliu Maniu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Iuliu Maniu (Simleu-Silvaniei, 8 Januari 1873 - 1953).[1]. Negarawan Rumania yang beretniskan Pericei. Merupakan anak dari pasangan Ioan Maniu dan Clara Maniu. Dia menyelesaikan studinya di National College Silvania pada tahun 1890, serta menempuh studi hukum di Universitas Franz Joseph, Universitas Budapest dan Wina, hingga meraih gelar doktoral pada tahun 1896. Pada tahun 1897, ia bergabung dengan Partai Nasional Rumania. Ia tinggal di Blaj, menjadi konsultan hukum untuk Gereja Katolik Yunani. Pengaruh terbesar Maniu adalah Simon Barnutiu, seorang paman dari ayahnya. Setelah menjabat sebagai penasihat Archduke Franz Ferdinand, tepatnya sebuah proyek untuk mendefinisikan kembali wialyah Austria Raya. Maniu kembali ke Rumania, ketika Archduke tewas terbunuh di Sarajevo pada tahun 1914.

Aktivitas di Partai Nasional Rumania[sunting | sunting sumber]

Bersama dengan tokoh - tokoh ternama partai, seperti Vasile Goldis, Gheorghe Pop de Basesti, Miron Cristea (seorang pemuka agama Rumania Ortodoks), dan Alexandrru Vardia-Voevod, dia terlibat dalam kampanye yang menuntut pemisahan Rumania dari Austria - Hungaria pada 1 Desember 1918[2]. Pada tahun 1918 Maniu menjadi menjadi kepala Dewan Transylvania - sebuah jabatan yang setara dengan Gubernur interim.

Sejak 1928 menjabat perdana menteri pada periode pemerintahan Raja Carol II, tetapi terjadi pertentangan antara ia raja, kemudian mengundurkan diri pada tahun 1930. Pada peridoe 1932 - 1933, ia kembali menjadi Perdana Menteri. Pada suatu perundingan rahasia bersama blok sekutu di awal tahun 1944[2]. Ia menjabat sebagai pimpinan, paska gejolak perebutan kekuasaan di Agustus 1944, menjabat Perdana Menteri dalam beberapa bulan serta anggota pemerintahan koalisi. Pada tahun 1944, ia difitnah sebagai pengkhianat negara, kemudian ia dihukum penjara seumur hidup serta menghembuskan nafas terakhirnya di dalam tahanan [2].

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia)Hassan Shadily. 1989. Esiklopedi Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru-van Hoeve.
  2. ^ a b c (Indonesia)Ambassador in Rumania Burton Berry to the Secretary of State of the United States Stettinius.871.01/12-944: Telegram / The American Representative in Rumania (Burton) to the Secretary of State / BUCHAREST, December 9, 1944, 7 p.m., received 9:45 p.m.