Vincentius Paulus Phạm Văn Dụ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Vincentius Paulus Phạm Văn Dụ adalah seorang uskup Keuskupan Lạng Sơn dan Cao Bằng. Ia diangkat menjadi uskup pada tahun 1960, ketika ia melayani sebagai pastor paroki di Gereja That Khe, 70 kilometer dari Rumah Uskup. Pengangkatannya tidak disetujui oleh pemerintah dan akibatnya dia tidak ditahbiskan secara publik.

Ia dilarang meninggalkan parokinya, sehingga ia tidak dapat melakukan perjalanan ke Hanoi untuk diam-diam ditahbiskan oleh Uskup Joseph Mary Trinh Nhu Khue dari Hanoi seperti uskup lain yang diangkat pada waktu itu.

Ia menjalani kehidupan sederhana sebagai orang biasa di daerah terpencil. Dia mengajar katekismus, merayakan Misa, mengumpulkan kayu bakar di hutan, membawa air dari sungai dan memasak untuk dirinya sendiri. Penduduk setempat tidak diizinkan untuk memanggilnya uskup.

Saat itu, gereja lokal hanya memiliki empat imam. Dua orang tua dan sakit setelah sebagian besar umat Katolik dan pendeta setempat pindah ke Vietnam selatan untuk menghindari penganiayaan agama pada tahun 1954.

Pada tahun 1979, ketika pasukan Tiongkok menyerang provinsi-provinsi Vietnam termasuk Lang Son, imam itu menemani penduduk setempat ke Bac Ninh, di mana dia diam-diam ditahbiskan oleh Uskup Paulus Pham Dinh Tung dari Bac Ninh.

Statusnya sebagai uskup masih belum disetujui oleh pemerintah sampai tahun 1989 ketika Kardinal Roger Etchegaray melakukan kunjungan resmi ke Vietnam.

Tahun berikutnya ia secara terbuka mengenakan jubah uskup, biretta, dan crozier untuk pertama kalinya ketika ia bergabung dengan uskup lain dalam merayakan pemakaman Kardinal Joseph Mary Trinh Van Can di Hanoi.

Dia pindah ke Rumah Uskup pada tahun 1992 dan mulai membangun keuskupan yang hancur, melatih para pemuda untuk mengirim mereka ke seminari, mengundang para imam dari tempat lain untuk bekerja dengan orang-orang lokal, membangun Rumah Uskup dan memperbaiki gereja-gereja lain dalam kondisi buruk, dan membesarkan dana untuk membangun katedral baru.

Dia juga mengunjungi umat beriman, menawarkan dukungan emosional dan material kepada orang-orang yang membutuhkan dan memberikan beasiswa kepada siswa, meskipun dia dilarang melakukan kunjungan pastoral ke beberapa paroki dan menahbiskan imam.

Dia menderita stroke yang membuatnya lumpuh sebagian di tahun-tahun terakhirnya. Ia meninggal pada 2 September 1998, dan dimakamkan di depan Rumah Uskup di sebelah katedral tua yang hancur pada 1967 selama Perang Vietnam.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]