Vila Kerajaan Hamhung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vila Kerajaan Hamhung
Nama Korea
Josŏn-gŭl
함흥본궁
Hanja
咸興本宮
Alih AksaraHamheungbongung
McCune–ReischauerHamhŭngbon'gung

Vila Kerajaan Hamhung (Hangul: 함흥본궁, Hanja: 咸興本宮) adalah vila yang terletak di Sonamudong, Stasiun Sapogu, Hamhung. Ditunjuk sebagai Harta Nasional no. 107 Korea Utara, vila ini adalah kediaman Yi Seong-gye sebelum ia mendirikan Dinasti Joseon. Vila ini juga merupakan tempat kelahiran anak yang lebih tua dari Taejo, termasuk putra keduanya (Yi Bang-gwa, 1357–1419, kemudian Jeongjong dari Joseon, raja kedua) dan putra kelimanya (Yi Bang-won, 1367–1422, kemudian Taejong dari Joseon, raja ketiga). Setelah dia turun tahta pada tahun 1398 demi Jeongjong, Taejo membangun kembali kediamannya di lokasi tanah leluhurnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Staf German Working Group Hamhung di Vila Kerajaan (circa. 1950s)

Pendiri Joseon pernah tinggal di sini sebelum dia datang ke Hanyang untuk memindahkan ibu kota formal, Kaesong dari Goryeo ke tanah baru. Namun, setelah putra keduanya menggantikan kekuasaan, dia tidak tinggal di Hanyang, berharap untuk pergi ke Hamhung.

Pada saat itu, terjadi beberapa konflik di antara putra-putranya untuk merebut tahta dan beberapa orang yang setia dibunuh di tengah pemberontakan. Pusat pemberontakan berdarah adalah putra kelima, hampir memaksa saudaranya untuk meninggalkan tahta. Marah dengan kejadian ini, sang pendiri tidak menemukan utusan yang dikirim oleh putra kelimanya, Taejong dari Joseon yang akhirnya memperoleh kekuasaan sebagai raja ketiga. Taejo biasa membunuh atau mengurung para utusan. Ini menjadi akar dari pepatah Korea, 함흥차사 (Hamhungchasa): dia masuk - dia tidak pernah kembali.[1]

Setelah kematian Taejo, vila tersebut digunakan sebagai tempat suci untuk memberi penghormatan bagi keluarganya selama 4 generasi. Vila ini awalnya menampilkan arsitektur dan norma kerajaan, tetapi struktur aslinya dibakar selama Invasi Jepang ke Korea (1592-1598) dan dibangun kembali pada akhir abad ke-17. Meskipun beberapa bagian vila hancur selama Perang Korea, sebagian besar telah dipugar.

Bangunan utama memiliki 5 bagian dengan panjang masing-masing 15 m. Peninggalan dari vila ditempatkan di museum sejarah Hamhung untuk dipajang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Characters". How Koreans Talk. UnhengNamu. 2002. hlm. 094–095. ISBN 89-87976-95-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]