Vicente Fox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Vicente Fox Quesada
Presiden Meksiko Ke-72
Masa jabatan
1 Desember 2000 – 1 Desember 2006
Didahului oleh Ernesto Zedillo
Digantikan oleh Felipe Calderón Hinojosa
Informasi pribadi
Lahir 2 Juli 1942
Mexico City
Kebangsaan Meksiko
Partai politik PAN
Suami/istri Marta Sahagún

Vicente Fox Quesada[1] (lahir 2 Juli 1942; umur 75 tahun) adalah Presiden Meksiko ke-72 (1 Desember 2000 – 1 Desember 2006). Ia terpilih sebagai presiden lewat pemilu presiden 2000 yang secara signifikan tampil sebagai presiden pertama dari kalangan oposisi semenjak Francisco Madero pada tahun 1910. Ia mengakhiri jabatan kepresidenannya pada 1 Desember 2006.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Permulaan Hidup[sunting | sunting sumber]

Vicente Fox lahir di Kota Meksiko pada 2 Juli 1942. Ia adalah anak kedua dari sembilan bersaudara dalam keluarga. Ia lahir sembilan bersaudara dari keturunan Irlandia-Spanyol. Ayahnya, Jose Luis Fox berasal dari Irlandia, sementara ibunya, Mercedes Quesada adalah seorang keturunan Spanyol. Pamannya, José Luis Fox Flach menyebutnya ia lahir dengan Joseph Louis Fuchs di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, anak seorang imigran Katolik Jerman antara Louis Fuchs dan Catherina Elisabetha Flach.[2]

Setelah menikmati pendidikan di Universitas Iberoamericana di Mexico City, ia kemudian melanjutkan studi di Universitas Harvard. Tahun 1964, Fox mulai bekerja di Coca-Cola sebagai route supervisor.

Dari pegawai kecil itulah, ia menjadi chief executive untuk Coca-Cola Meksiko dan Amerika Tengah. Jabatan itu dipegangnya sampai tahun 1979. Sebagai pimpinan Coca-Cola ia berhasil menyingkirkan Pepsi sebagai minuman ringan paling berpengaruh di Meksiko.

Ia memutuskan untuk masuk dalam dunia politik. Tahun 1988, Fox terpilih menjadi anggota parlemen dan segera menjadi sebuah bintang di partai PAN. Ambisinya untuk menjadi presiden sebenarnya diperlihatkannya dengan memperjuangkan perubahan syarat calon presiden. Undang-undang yang disebut Fox membuat seorang calon presiden boleh mempunyai satu orang tua yang kelahiran asing. Mercedes Quesada (ibunya) adalah wanita Spanyol.

Tahun 1991, Fox mencalonkan diri menjadi Gubernur Guanajuato, tetapi kalah. Tahun 1995, ia kembali mencalonkan diri dan menang telak. Di bawah kepemimpinannya, negara bagian Guanajuato memperoleh perkembangan ekonomi yang memuaskan penduduk. Tahun 1999, Fox mengambil cuti sebagai gubernur untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden. Pada 2 Juli 2000, Fox menang dalam pemilihan presiden atas calon Francisco Labastida yang disodorkan El-PRI. Namanya pun dicatat sejarah sebagai orang yang mengalahkan kandidat dari partai terkuat di dunia.

Didahului oleh:
Ernesto Zedillo
Presiden Meksiko
1 Desember 20001 Desember 2006
Diteruskan oleh:
Felipe Calderón Hinojosa
Didahului oleh:
Carlos Medina Plascencia (sementara)
Gubernur Guanajuato
19951999
Diteruskan oleh:
Ramón Martín Huerta (substitute)
Didahului oleh:
Diego Fernández de Cevallos
Kandidat Presiden PAN
2000 (menang)
Diteruskan oleh:
Felipe de Jesús Calderón Hinojosa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ See Iberian naming customs for an explanation on the use of his name
  2. ^ http://www.jornada.unam.mx/2006/09/01/index.php