Via Postumia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Via Postumia disorot dengan warna biru muda. Itu dicapai dari Roma di Placentia melalui Via Flaminia (biru tua) diikuti oleh Via Aemilia (merah)

Via Postumia adalah jalan Romawi di Italia utara yang dibangun pada 148 SM oleh konsul Spurius Postumius Albinus Magnus. Itu membentang dari pantai di Genua melalui pegunungan ke Dertona, Placentia (pengakhiran Via Aemilia) dan Cremona, tepat di sebelah timur titik di mana ia menyeberangi Sungai Po. Dari Cremona jalan menuju ke timur ke Bedriacum, di mana ia bercabang, satu cabang berjalan ke kanan ke Mantua, yang lain ke kiri ke Verona, menyeberangi Sungai Adige di Ponte Pietra, satu-satunya jembatan di Sungai Adige pada waktu itu, kemudian melintasi dataran Venesia, menyeberangi Sungai Piave di Maserada sul Piave hingga akhirnya mencapai Aquileia, sebuah kota perbatasan militer penting yang didirikan oleh Roma pada tahun 181 SM. Penaklukan Romawi atas Liguria bergantung pada jalan ini, dan beberapa kota yang lebih penting sebagian besar berasal dari jalan ini. Cremona adalah titik pusatnya, jarak yang diperhitungkan dari itu baik ke arah timur maupun ke barat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikAshby, Thomas (1911). "Postumia, Via". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 22 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 197.