vi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

vi
Cuplikan vi yang menyunting sebuah program Hello World dalam bahasa pemrograman C. Tilde menandakan jika baris-baris dalam berkas tersebut masih kosong.
Cuplikan vi yang menyunting sebuah program Hello World dalam bahasa pemrograman C. Tilde menandakan jika baris-baris dalam berkas tersebut masih kosong.
PengembangBill Joy
Rilis perdana1976; 45 tahun lalu (1976)
Repositori Sunting ini di Wikidata
Bahasa pemrogramanC
Sistem operasiUnix, mirip Unix
PlatformLintas platform
JenisEditor teks
LisensiLisensi BSD
Situs webex-vi.sourceforge.net

vi adalah program komputer penyunting teks yang awalnya dibuat untuk sistem operasi Unix. Kode awal untuk vi ditulis oleh Bill Joy pada 1976 untuk release BSD awal. Nama vi (diucapkan "vee-eye") diambil dari singkatan perintah visual dalam ex. Perintah ini mengalihkan penyunting baris dalam ex ke mode visual.

Biasanya, program yang sama akan dimulai dengan perintah vi atau ex.

vi menjadi standar de facto editor Unix dan saingan berat editor Emacs. Hampir semua instalasi Unix memiliki satu versi dari vi.

Di samping perangkat lunak tidak bebas yang didistribusikan dengan implementasi Unix, ada juga penerapan (implementasi) dari vi yang merupakan perangkat lunak bebas. Vi adalah penyunting teks yang lebih banyak digunakan, mengalahkan gedit.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

vi berasal dari editor baris perintah UNIX, dimulai dengan ed. ed ditingkatkan untuk menjadi em, ("editor untuk manusia: editor for mortals" oleh George Coulouris seorang dosen di Queen Mary College), kemudian en. Di University of California, Berkeley, Bill Joy mengembangkan em dengan membuat ex, termasuk penambahan dari modus visual.

Joy menggunakan terminal Lear-Siegler ADM3A. Pada terminal tersebut, tombol Escape berada pada posisi yang sekarang merupakan tombol Tab pada banyak digunakan keyboard IBM PC (di sisi kiri bagian abjad keyboard, satu baris di atas baris tengah). Hal ini menjadikan kenyamanan untuk mengganti ke mode vi. Juga tombol h, j, k, l sebagai pengendali kursor, itulah sebabnya mengapa vi menggunakan tombol-tombol tersebut dengan cara itu.

Pada tahun 1979, Mark Horton mengambil tanggung jawab untuk vi. Horton menambahkan dukungan untuk panah dan tombol fungsi, makro, dan perbaikan kinerja dengan mengganti termcap dengan terminfo.[1][2] Pada tahun 1983, vi ditambahkan ke dalam Bell Labs System V dan tidak berubah secara signifikan hingga sekarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joy, Bill. "ex Reference Manual" (roff source). 4.4 BSD (encumbered, not Lite). CSRG, UC Berkeley.  (lihat bagian tanda terima kasih di akhir berkas)
  2. ^ Joy, Bill. "vi Reference Manual" (roff source). 4.4 BSD (encumbered, not Lite). CSRG, UC Berkeley.  (lihat bagian tanda terima kasih di akhir berkas)

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]