VfB Lübeck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
VfB Lübeck
Nama lengkapVerein für Bewegungsspiele Lübeck
von 1919 e. V.
Berdiri1 Juni 1919
StadionStadion an der Lohmühle
(Kapasitas: 17,849)
KetuaHolger Leu
ManajerFlorian Schnorrenberg
Liga3. Liga
2022–23Regionalliga Nord, Juara (promosi)
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Musim ini

VfB Lübeck adalah klub sepak bola Jerman yang bermarkas di Lübeck, Schleswig-Holstein di utara negara itu. Selain bidang sepak bola, klub olahraga beranggotakan 1.000 orang ini juga memiliki departemen bulu tangkis, senam wanita, bola tangan, dan tenis meja.

Setelah 1974, Lübeck merosot dari jajaran tim kasta ke–2 ke divisi 6 Landesliga Schleswig-Holstein. Mereka mendapatkan tempat di 2. Bundesliga lebih dari dua dekade kemudian dan melanjutkan peran mereka sebagai "sisi elevator", sering berpindah-pindah antara divisi ke–2 dan ke–3. Pada tahun 2004, tim mencapai semifinal DFB-Pokal, tetapi kalah dari Werder Bremen di perpanjangan waktu.

Setelah terungkap bahwa klub telah menderita kesulitan keuangan, akhirnya mengajukan pailit di pengadilan distrik Lübeck pada bulan April 2008 dan akhirnya secara paksa diturunkan ke Oberliga Schleswig-Holstein (divisi ke–5) untuk musim 2013–14. Setelah kejuaraan liga di level ini dan kesuksesan di babak promosi, klub kembali ke level Regionalliga dari 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]