Vespiri Sisilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Vespiri Sisilia
Bagian dari Guelphs dan Ghibellines
dan Perang Vespiri Sisilia
Sicilian Vespers (1846), by Francesco Hayez
Vespiri Sisilia (1846) karya Francesco Hayez
Tanggal 30 Maret – 28 April 1282
Lokasi Sisilia
Hasil Kemenangan besar Sisilia
Rezin Angevin dijatuhkan
Pihak yang terlibat
Holy Roman Empire Arms-single head.svg Loyalis Ghibelline Sisilia Armoiries Anjou Jérusalem.svg Wangsa Anjou Capetia (Guelph)
Komandan
Ruggiero Mastrangelo
Arrigo Barresi
Nicoloso d'Ortoleva
Niccolo d'Ebdemonia
Carlo I dari Napoli
Jean de Saint-Remy -
Korban
4.000 tewas[1][2]

Vespiri Sisilia (bahasa Italia: Vespri siciliani; bahasa Sisilia: Vespiri siciliani) adalah pemberontakan yang meletus di pulau Sisilia saat perayaan Paskah pada tahun 1282. Pemberontakan ini berusaha menjatuhkan Raja Carlo I yang lahir di Perancis dan telah menguasai Kerajaan Sisilia semenjak tahun 1266. Dalam waktu enam minggu, tiga ribu laki-laki dan perempuan Perancis dibantai oleh para pemberontak dan pemerintah Raja Carlo berhasil dijatuhkan. Pemberontakan ini memicu Perang Vespiri Sisilia.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Carlo menganggap wilayah Sisilia sebagai batu loncatan untuk mencapai mimpinya di wilayah Mediterania, yaitu menjatuhkan Kaisar Mikael VIII Palaiologos dari Kekaisaran Romawi Timur dan merebut Konstantinopel, kota terkaya di dunia barat. Kerusuhan terjadi di Sisilia karena wilayah tersebut amat ditundukkan oleh Carlo - bangsawan-bangsawannya tidak dilibatkan dalam pemerintahan lokal dan tidak diberi kompensasi berupa jabatan yang menggiurkan di luar negeri (hal tersebut dilakukan oleh Carlo di Perancis, Provence dan Napoli). Selain itu, Carlo juga memungut pajak yang besar untuk membiayai perang di luar Sisilia. Seperti yang diamati oleh Steven Runciman, "[Orang Sisilia] merasa dijajah untuk membantu seorang raja yang lalim melakukan penaklukan yang tidak akan menguntungkan mereka."[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Crowe The History of France Vol1, pp.287
  2. ^ Possien Les Vêpres siciliennes, ou Histoire de l'Italie au XIIIe siècle, hlm.123
  3. ^ Runciman, Sicilian Vespers, hlm. 212.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 38°07′00″LU 13°22′00″BT / 38,1167°LU 13,3667°BT / 38.1167; 13.3667