Ventspils

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lambang Ventspils
Lokasi kota
Pelabuhan Ventspils

Ventspils (bahasa Jerman: Windau) ialah sebuah kota pelabuhan di timur laur Latvia, terletak di kawasan Kurzeme yang bersejarah. Pada awal tahun 2017. Ventspils mempunyai penduduk sebanyak sekitar 39,000-39,500 jiwa. Kota ini terletak di Sungai Venta dan berada di pinggir Laut Baltik.

. Kota ini didirikan pada tahun 1378.

Ventspils berkembang pesat sebagai pelabuhan komersial di tahun-tahun pertumbuhan Kadipaten Kurlandia dan Semigallen. Karya bangunan paling aktif berada di sekitar Alun-Alun Pasar saat ini dimana sejumlah bekas gudang dari abad ke-17 dilestarikan. Sebuah rumah tinggal di persimpangan Jalan Tirgus dan Skolas adalah salah satu rumah tertua dari tipe seperti itu di Latvia (dibangun pada tahun 1646).

Di sebelah Alun-Alun Pasar, di gedung sekolah bersejarah di jalan Skolas, ada Rumah Kerajinan Ventspils (2007). Rumah Penulis dan Penerjemah Internasional (2006) dibuka di tempat bekas Balai Kota (1850), di Lapangan Balai Kota. Bangunan ini direkonstruksi untuk mengakomodasi karya kreatif dan kebutuhan sehari-hari para penulisnya. Terletak di sebelahnya adalah Perpustakaan Pusat Ventspils yang baru saja direnovasi (2006) dan Gereja Nicholas Evangelic-Lutheran (1835). Lapangan Balai Kota, Alun-Alun Pasar dan Promenade Jalan Ostas adalah tempat-tempat berjalan yang populer.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]