Vehicle Assembly Building

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aerial View of Launch Complex 39.jpg
VAB during construction (1965) with the Mobile Launcher Platform and tower assemblies for the Saturn V rocket.

Vehicle (awalnya Vertikal) Assembly Building, atau VAB, di NASA Kennedy Space Center (KSC) adalah sebuah bangunan yang dirancang untuk merakit kendaraan besar ruang angkasa, seperti Saturn V dan Shuttle Space. Sistem peluncuran luar angkasa (SLS) masa depan juga akan dirakit di sana.

Dengan 3.664.883 meter kubik (129.428.000 kaki kubik), itu adalah salah satu bangunan terbesar di dunia dengan volume. Bangunan ini terletak di Launch Complex 39 di KSC, setengah jalan antara Jacksonville dan Miami, dan timur dari Orlando pada Merritt Island pada pantai Atlantik Florida.

VAB adalah bangunan terbesar bertingkat satu di dunia, adalah bangunan tertinggi (160,3 m) di Florida sampai tahun 1974, dan masih bangunan tertinggi di Amerika Serikat di luar daerah perkotaan.

VAB, yang selesai pada tahun 1966, awalnya dibangun untuk memungkinkan untuk perakitan vertikal roket Saturn V untuk program Apollo dan disebut sebagai Vertical Assembly Building. Dalam mengantisipasi proyek pasca-Saturnus seperti program Space Shuttle, namanya diubah menjadi Vehicle Assembly Building setelah program Apollo.

Referensi[sunting | sunting sumber]