Vatikanologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Vatikanologi adalah istilah yang diciptakan pada abad ke-20 untuk menggambarkan bidang jurnalisme dan penelitian yang mempelajari dan melaporkan tentang bagaimana Takhta Suci dan Gereja Katolik Roma beroperasi. Namanya diambil dari Kota Vatikan, wilayah kedaulatan Takhta Suci yang berupa enklave di dalam kota Roma, Italia. Penekanan khusus cenderung diberikan pada mekanisme seleksi dan pengangkatan yang melaluinya kepemimpinan Gereja akan muncul.

Seorang jurnalis atau cendekiawan yang berfokus pada bidang keahlian ini kadang-kadang disebut sebagai Ahli Vatikan, Pengamat Vatikan, atau Pengamat Vatikan.

Asal usul dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah ini berasal dari istilah Kremlinologist, yang digunakan untuk menggambarkan pakar media, akademisi, dan komentar yang mengikuti fungsi Partai Komunis Uni Soviet secara umum dan fungsi serta pemilihan kepemimpinan elit pada khususnya.

Baik Kremlin dan Takhta Suci beroperasi dalam tingkat kerahasiaan dan misteri yang tinggi, oleh karena itu perhatian diberikan kepada "para ahli" yang dianggap mampu membaca nuansa halus yang menunjukkan siapa yang berada di dalamnya. "naik", siapa yang "turun" dan siapa yang "harus diperhatikan" dalam elit kepemimpinan mereka.

Vatikanologis terkenal termasuk penulis dan komentator Peter Hebblethwaite, yang menulis biografi (antara lain) Paus Yohanes XXIII dan Paus Paulus VI, serta catatan terlaris tentang peristiwa-peristiwa 1978 di Tahun Tiga Paus. Robert Blair Kaiser adalah kontributor terkemuka di bidang ini, yang banyak melaporkan tentang Konsili Vatikan Kedua untuk TIME.

Pada tahun 2005, dengan pemilihan kepausan pertama di era siklus berita dan internet yang terus-menerus, banyak “ahli Vatikan” menjadi menonjol melalui penyebaran luas mereka baik di televisi maupun publikasi online. Blog telah menjadi sarana populer bagi para pengamat amatir Vatikan untuk berbagi pemikiran dan wawasan mereka.

Daftar Vatikanologis terkini[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ gerson-camarotti.html 'O Vaticano não queria a entrevista', diz Gerson Camarotti, G1 (29-07-2013)
  2. ^ "Pengalaman Romawi yang menggembirakan dari Prof. George Menachery". Diakses tanggal 2024-01-10. 
  3. ^ "Kodungallur : Tempat Lahirnya Christianity In India 2000". 
  4. ^ Baca artikel berikut di http://www.indianchristianity.com: Rabu Pagi, 2013 13 Maret.Asap Hitam untuk pertama kalinya pada tahun 2013 - Misa Pemilihan Umum Paus/Missa Pro Eligendo Romano Pontifice - Kemungkinan Paus2013 - MINGGU PAGI - Cerobong Sistina dan Dua Kompor Dipasang - Kardinal Oswald Gracias untuk Paus - Konklaf tidak boleh Dipra-pon - Prof. Menachery - MEMILIH PAUS BARU: KONKLAF DAN SEMUA ITU - HARI TERAKHIR PAUS YOHANES PAULUS II
  5. ^ it/en/about-us/ "Vatican Insider" Periksa nilai |url= (bantuan). 2011. Diakses tanggal 18 Maret 2013.