Vaskulum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ahli botani Justin Paillot difoto dengan vaskulum
Vaskulum

Vaskulum atau kotak botani adalah wadah keras yang digunakan oleh para ahli botani agar sampel yang diambil dari lokasi tetap hidup saat dipindahkan. Kegunaan utama vaskulum adalah untuk mengangkut tanaman tanpa merusaknya dengan menyediakan lingkungan yang sejuk dan lembab .

Vaskula adalah silinder yang umumnya terbuat dari bahankaleng dan kadang-kadang dilapisi besi, tetapi ada juga yang terbut dari kayu. Wadah dibawa secara horizontal yang disangga dengan tali sehingga spesimen tanaman dapat dibaringkan dan dilapisi dengan kain lembab.[1] Secara tradisional, vaskula buatan Inggris dan Amerika cenderung ceper dan menyerupai sebuah koper dengan satu ruang penyimpanan, sedangkan vaskula buatan Eropa lebih menyerupai silinder dengan ukuran yang lebih panjang, terkadang memiliki dua ruang penyimpanan terpisah. [2] Bagian dalam vaskula ditutup dengan satu (terkadang dua) penutup besar di bagian sampingnya sehingga sampel tanaman dapat diletakkan dan dikeluarkan tanpa menekuk atau mengubah bentuk tanaman jika tidak diperlukan. Hal-hal ini khususnya penting untuk bunga liar, yang seringkali rapuh.

Beberapa spesimen vaskula di awal abad ke-20 terbuat dari lembaran aluminium dan bukan timah, tetapi selain perbedaan ini, umumnya mengikuti pola umum di abad ke-19. Bagian luar vaskula biasanya dibiarkan apa adanya, atau dipernis hijau.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Latar belakang sejarah vaskulum tidak pernah diketahui, tetapi vaskula diperkirakan merupakan evolusi dari kotak lilin dari timah yang konstruksinya serupa di abad ke-17. Linnaeus menyebutnya sebagai vasculum dillenianum, dari bahasa Latin vasculum – wadah kecil dan dillenianum, yang diambil dari nama JJ Dillenius, teman dan kolega Linnaeus di Oxford Botanic Garden. Dengan masuknya botani sebagai suatu bidang ilmiah pada pertengahan abad ke-18, vaskulum menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peralatan para ahli botani.[3]

Serupa dengan pengepres tanaman yang disekrup, vaskulum dipopulerkan di Inggris oleh ahli botani William Withering sekitar tahun 1770. [4] Bentuk singkat, "vaskulum" kemudian menjadi sebutan umum yang digunakan untuk wadah ini pada kisaran tahun 1830. [2] Vaskulum menjadi ciri khas bidang botani, dan digunakan secara umum sampai Perang Dunia II. Dengan penekan pasca-perang yang lebih ditekankan pada sistematika daripada taksonomi alfa dan spesies baru yang lebih sering diperoleh dari tempat yang jauh, botani lapangan dan penggunaan vaskula terus menurun.

Vaskula dari aluminium masih diproduksi dan digunakan, tetapi tas ritsleting dan folder plastik bening yang lebih murah saat ini lebih umum digunakan. [4]

Vaskulum[sunting | sunting sumber]

The Vasculum adalah "Ilustrasi Kuartal yang Terutama Membahas Sejarah Alam Northumberland dan Durham dan Area-Area Perbatasannya," yang terbit pada tahun 1915 sampai 2015.[5]

Buletin Society of Herbarium Curators diberi nama "The Vasculum" dan bersirkulasi sejak tahun 2006.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "L'herbier, un outil pour le botaniste" [The herbarium, a tool for the botanist] (dalam bahasa Prancis). La Garance voyageuse. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-31. Diakses tanggal 2006-12-20. with image 
  2. ^ a b Baker, H. G. (1958). "Origin of the Vasculum" (PDF). Proceedings of the Botanical Society of the British Isles. 3: 41–43. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 4 February 2014. Diakses tanggal 25 August 2014. 
  3. ^ Allen, D.E. (1965). "Some further Light on the History of the Vasculum" (PDF). Proceedings of the Botanical Society of the British Isles. 6: 105–109. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 4 February 2014. Diakses tanggal 26 August 2014. 
  4. ^ a b J.E., Mygatt (2001). "A Case for Collecting" (PDF). Iowa Native Plant Society Newsletter. 7: 3. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 20 June 2010. Diakses tanggal 25 August 2014. 
  5. ^ "The Vasculum". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-10. Diakses tanggal 2021-09-23.  The website contains links to all issues of The Vasculum
  6. ^ "The Vasculum". Society of Herbarium Curators. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 February 2018. Diakses tanggal 11 February 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]