Valentina Matviyenko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang Terhormat
Senator
Valentina Matviyenko
Валентина Матвиенко
Ketua Dewan Federasi Ke - 4
Mulai menjabat
21 September 2011
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Senator
dari Sankt Petersburg
Mulai menjabat
31 Agustus 2011
Sebelum
Pendahulu
Vladimir Barkanov
Pengganti
Petahana
Sebelum
Gubernur Sankt Petersburg Ke - 3
Masa jabatan
15 Oktober 2003[1] – 22 Agustus 2011
Utusan Presiden untuk
Distrik Federal Barat Laut Ke - 2
Masa jabatan
11 Maret 2003 – 15 Oktober 2003
PresidenVladimir Putin
Wakil Perdana Menteri Rusia
untuk Urusan Kesejahteraan
Masa jabatan
24 September 1998 – 11 Maret 2003
Perdana Menteri
Sebelum
Pendahulu
Portofolio dibentuk
Pengganti
Portfolio dihapus
Sebelum
Duta Besar Rusia untuk Yunani
Masa jabatan
1997–1998
PresidenBoris Yeltsin
Duta Besar Rusia untuk Republik Malta
Masa jabatan
1991–1995
PresidenBoris Yeltsin
Informasi pribadi
Lahir
Valentina Ivanovna Tyutina

07 April 1949 (umur 75)
Shepetivka, Oblast Kamianets-Podilskyi, RSS Ukraina, Uni Soviet
KewarganegaraanRusia
Partai politikRusia Bersatu
Suami/istri
Vladimir Vasilyevich Matviyenko
(meninggal 2018)
AnakSergey Matviyenko (l. 1973)
Alma materInstitut Farmasi dan Kimia Leningrad
Pekerjaan
ProfesiApoteker
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Valentina Ivanovna Matviyenko (bahasa Rusia: Валентина Ивановна Матвиенко, Ukraina: Валентина Іванівна Матвієнко; née Tyutina (Тютина; IPA: [ˈtʲʉtʲɪnə], Ukraina: Тютіна); lahir 7 April 1949) adalah seorang apoteker, diplomat dan politikus asal Rusia yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Federasi Rusia sejak 21 September 2011. Sebelumnya Matviyenko pernah menjabat sebagai Gubernur Sankt Petersburg dari 13 Oktober 2003 sampai dengan 22 Agustus 2011.

Dilahirkan di Ukraina, Matviyenko memulai karir politiknya pada tahun 1980-an di Leningrad (Sankt Petersburg) dan menjadi Sekretaris Pertama Distrik Partai Komunis Kota Krasnogvardeysky pada tahun 1984 sampai 1986[2]. Pada tahun 1990-an Matviyenko ditunjuk menjadi Duta Besar Rusia untuk Malta 1991–1995), dan Yunani (1997–1998)[2]. Dari tahun 1998 sampai 2003, Matviyenko diangkat menjadi Wakil Perdana Menteri Rusia untuk Urusan Kesejahteraan dan secara singkat menjadi Utusan Presiden untuk Distrik Federal Barat Laut pada tahun 2003. Pada waktu itu pula Matviyenko membangun sekutu dengan Presiden Vladimir Putin, yang berhasil mengamankan kemenangan dirinya dalam pemilihan gubernur Sankt Petersburg, kota kelahiran Putin.

Kemenangan Matviyenko menjadikannya sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Gubernur Sankt-Petersburg[3]. Diawal kepemimpinannya sebagai gubernur, Matviyenko melakukan sebuah pembagian signifikan dana pajak yang ditransfer dari anggaran federal ke anggaran daerah, dan bersama dengan meningkatnya perekonomian dan peningkatan iklim investasi membuat tingkat pemasukan Sankt Petersburg menjadi lebih dekat dengan Moskwa dan jauh diatas subjek federal Rusia lainnya. Profil Sankt Petersbug dalam politik di Rusia semakin meningkat, ditandai dengan pindahnya Mahkamah Konstitusi Rusia dari Moskwa pada tahun 2008. Matviyenko mengembangkan sejumlah besar megaproyek dalam pembangunan perumahan dan infrastruktur serta standar biaya hidup yang meningkat, seperti pembangunan Jalan Lingkar Sankt Petersburg, termasuk pembangunan Jembatan Besar Obukhovsky (satu-satunya jembatan non-draw di atas Sungai Neva), penyelesaian Bendungan Saint Petersburg bertujuan untuk mengakhiri banjir Saint Petersburg yang terkenal, meluncurkan Jalur 5 Metro Saint Petersburg, dan memulai reklamasi lahan di Teluk Neva untuk Wajah Kelautan kota yang baru (proyek pengembangan tepi laut terbesar di Eropa)[4] yang berisi Pelabuhan Penumpang St. Petersburg. Beberapa perusahaan pembuat mobil besar ditarik ke Saint Petersburg atau sekitarnya, termasuk Toyota, General Motors, Nissan, Hyundai Motor, Suzuki, Magna International, Scania, dan MAN SE (semuanya memiliki pabrik di zona industri Shushary), sehingga mengubah kota menjadi pusat penting industri otomotif di Rusia, yang berspesialisasi dalam merek asing. Perkembangan lain dari pemerintahan Matviyenko adalah pariwisata; pada tahun 2010 jumlah wisatawan di Saint Petersburg berlipat ganda dan mencapai 5,2 juta, yang menempatkan kota ini di antara lima pusat wisata teratas di Eropa[5][6].

Beberapa tindakan dan kebijakan Matviyenko mengundang kritik dari publik Sankt Petersburg, media dan kelompok oposisi. Sebagian besar pembangunan baru dibuat pada area yang luas dan beberapa proyek pembangunan gedung menjadi konflik dengan arsitektur klasik kota, dimana seluruh pusat kota adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Beberapa proyek ada yang dibatalkan atau diubah, seperti desain kontroversial Gedung Pencakar Langit Oktra Center yang tingginya 400 meter yang direncanakan akan dibangun bersebelahan dengan pusat sejarah kota. Bagaimanapun setelah adanya kampanya publik dan keterlibatan langsung Presiden Dmitry Medvedev, pembangunan gedung itu akhirnya dipindahkan dari daerah Okhta ke daerah Lakhta. Selain itu kritik lainnya terhadap Matviyenko juga muncul dalam kasus penanganan masalah salju selama musim dingin tahun 2009-2010 dan 2010-2011. Pada 22 Agustus 2011 setelah selesainya pembangunan Waduk Sankt Petersburg, Matviyenko mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebagai anggota dari Partai Rusia Bersatu, pada 21 September 2011, Matviyenko terpilih sebagai Ketua Dewan Federasi Rusia.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kovalev, Vladimir (16 October 2003). "Matviyenko Inaugurated With Pomp". The Moscow Times. Diakses tanggal 11 April 2010. 
  2. ^ a b Valentina Matvienko at petersburgcity.com
  3. ^ A journey from Saint Petersburg to Moscow RIAN
  4. ^ Marine facade Official website
  5. ^ Saint Petersburg expects 5 million tourists by the end of the year RIAN
  6. ^ "Petersburg among the top five tourist centers in Europe". Maris-spb.ru. Diakses tanggal 22 September 2011.