Víziváros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bukit kastil
Museum Kristen

Víziváros' (artinya Kota Air, bahasa Latin: Civitas Archiepiscopalis, Jerman: Wasserstadt) adalah lingkungan Esztergom, Hungaria di tepi kanan Danube, di bawah istana kerajaan dan St. Basilika Primata Adalbert. Nama Watertown berasal dari banyak mata air panas di daerah tersebut.

Víziváros didirikan oleh Matthias Rátót, Uskup Agung Esztergom pada tahun 1239. Kota ini jatuh di bawah kekuasaan Utsmaniyah pada tahun 1543, dan baru direbut kembali oleh pasukan Kristen pada tahun 1683. Selama 140 tahun itu, Turki membangun pemandian, bangunan keagamaan dan benteng kembali ditegakkan. ziçeli Hacci Ibrahim Masjid di jalan Berényi Zsigmond adalah masjid tertua yang masih berdiri di Kekaisaran Ottoman di sepanjang Danube..[1][2]

Setelah pengepungan tahun 1683, rekonstruksi kota dimulai, tetapi selama Perang Kemerdekaan Rákóczi kota itu dihancurkan pada musim dingin tahun 1705–1706. Víziváros dihuni kembali oleh orang Jerman. Pada tahun 1827 penduduknya adalah 697. Pada tahun 1891 kota ini memiliki 1158 penduduk Hungaria. Perpustakaan Katedral (Bibliotheca) dibuka pada tahun 1853. Gedung perpustakaan dirancang oleh József Hild. Museum Kristen didirikan oleh uskup agung János Simor pada tahun 1875, ketika ia membuka koleksi pribadi seni religi kepada pengunjung. Istana Primatial dibangun pada tahun 1883. Pada tahun 1895 Víziváros digabungkan dengan Royal Esztergom sebagai distrik ketiga. Pada saat yang sama tetangga Szentgyörgymező menjadi yang keempat dan Szenttamás menjadi distrik kedua.

Referensi[sunting | sunting sumber]