Ustica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pulau Ustica
Nama asli: Ùstica
Mia amata Ustica.jpg
Pemandangan Pulau Ustica
Geografi
Lokasi Sisilia
Koordinat Koordinat: Koordinat: Unable to parse latitude as a number:{{{NS}}}
Luas 8 km2 (3,1 sq mi)
Titik tertinggi 49 m (161 ft)
Demografi
Demonim Ustica
Populasi 1.330 (per 2001)

Ustica (Sisilia: Ùstica) adalah nama pulau kecil dengan panjang sekitar 9 kilometer, 52 kilometer dari utara Capo Gallo, Italia di laut Tyrrhenia. Pulau ini ditinggali sekitar 1.300 orang dalam satu comune (munisipalitas) dengan nama Ustica. Untuk mencapai pulau ini, disediakan ferry penyeberangan ke Palermo, Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggalian dilakukan pada tahun 1989 di Faraglioni memperlihatkan bahwa ada desa prasejarah yang cukup besar pada abad 13-14 SM di sini. Hal ini diperlihatkan 300 bangunan rumah batu dan tembok pertahanan pemukiman yang mungkin merupakan yang terkuat di antara seluruh pemukiman di Italia pada masa tersebut. Dipercaya bahwa pendatang pertama berasal dari Pulau Aeolia.

Pada masa sejarah, pulau ini dihuni mulai 1500 SM oleh bangsa Phoenisia. Dalam sejarah Yunani kuno, kepulauan sekitarnya disebut Osteodes (ossuary) untuk mengingat ribuan bangsa Kartagenia yang memberontak yang ditinggalkan di sana pada abad 4 SM. Bangsa Romawi kuno menyebutnya Ustiva yang berarti terbakar karena bebatuan hitamnya. Pulau ini juga dikenal dengan nama permata hitam oleh penduduk sekitar.

Pada abad 6, komunitas benedektin menghuni pulau ini, namun kemudian terpaksa pindah karena peperangan Bangsa Eropa dan Arab. Kolonisasi pada abad pertengahan juga gagal karena serangan bajak laut dari Bangsa Bar-Bar. Pada pertengahan abad 18, pulau ini dihuni sekitar 90 orang, pindahan dari pulau Lipari, utara Sisilia, timur Ustica. Mereka membawa santo patron dari Lipari, Bartholomew sang Nabi, yang menjadi santo pelindung Ustica juga. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, populasinya semakin sesak, sehingga ratusan warga Ustica pindah ke Amerika Serikat. Banyak yang kini menetap di New Orleans dan sekitarnya. Beberapa di San Jose dan San Fransisco, New York, serta Masachuset.

Penjara fasis[sunting | sunting sumber]

Dalam masa fasisme di Italia dan hingga tahun 1950an, Ustica sempat menjadi pulau penjara. Benito Mussolini mengasingkan ribuan lawan politiknya ke Ustica, mungkin sekitar 1500 orang pada masa itu, dan banyak di antaranya homoseks. Antonio Gramsci dan Amadeo Bordiga adalah contohnya.[1] Pada tahun 1940an, tawanan perang Yugoslavia juga dikirim ke sini. Banyak yang akhirnya mati karena kelaparan dan tuberkulosis. Pada tahun 1950an para tersangka mafioso dari Sisilia juga dikirim ke sini.[2]

Pada 27 Juni 1980 Aerolinee Itavia Flight 870 jatuh di pulau ini saat menuju Palermo, membunuh 81 orang.

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Pulau ini memiliki karakter agak tandus. Sumber air kurang dan tumbuhan kurang. Pantainya terdiri dari bebatuan dan grottoes. Pulau ini rumah bagi lebah madu Apis mellifera sicula.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peregalli, Arturo; Saggioir, Sandro (1998). La sconfitta e gli anni oscuri (1926-1945). Milan: Edizioni Colibri. 
  2. ^ "New Capri?". Time, September 1, 1961.