Lompat ke isi

Urban Sketchers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Urban Sketchers (USk) adalah komunitas seniman global yang mempraktikkan aktivitas menggambar langsung di lokasi tempat mereka tinggal atau bepergian. Gerakan Urban Sketchers dimulai di situs berbagi gambar, Flickr, pada tahun 2007 oleh seorang wartawan The Seattle Times bernama Gabriel Campanario. Pada tahun 2009 Campanario mendirikan Urban Sketchers sebagai sebuah organisasi nirlaba. Manifesto Urban Sketchers telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Komunitas Urban Sketchers memiliki moto "Kami tunjukkan kepada dunia sebuah gambar pada satu waktu!"

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Urban Sketchers berawal dari sebagai grup di situs berbagi gambar, Flickr, pada tahun 2007.[1] Pendiri Urban Sketchers Gabriel Campanario adalah jurnalis dan ilustrator Spanyol yang tinggal di Seattle, Amerika Serikat.[2] Dia bekerja sebagai seorang wartawan pada The Seattle Times. Di media itu ia berkontribusi sebagai seniman dan penulis untuk edisi cetak dan blog. Setelah melihat bahwa semakin banyak seniman mengirimkan dan membagikan gambar mereka secara daring, Campanario mendirikan sebuah kelompok untuk mendukung dan mempromosikan gambar jurnalistik yang menggambarkan kehidupan nyata sebagaimana terjadi di depan mata sang seniman.

Setahun kemudian di tahun 2008 Campanario membuat blog Urban Sketchers. Blog itu diisi oleh seratus orang seniman yang diminta secara khusus untuk berpartisipasi. Sejak itulah tercipta istilah Koresponden Urban Sketchers. Para koresponden ini diundang oleh Campanario untuk berkomitmen menyumbangkan sketsa jurnalistik secara teratur. Sketsa yang mereka buat disertai dengan cerita yang memberikan latar belakang sketsa: kapan dan di mana sketsa dibuat dan beberapa detail tentang konten, kata-kata dan narasi yang menyertai gambar. Blog Urban Sketchers mulai populer tahun 2008 dan terus aktif hingga kini.

Pada bulan Desember 2009, Campanario mendirikan Urban Sketchers sebagai organisasi nirlaba yang bebas pajak. Para anggota memilik dewan direksi buat organisasi ini. Tugas organisasi ini adalah meningkatkan nilai artistik, seni bercerita, dan nilai edukasi dari aktivitas menggambar di lokasi, mempromosikan aktivitas ini, dan menghubungkan orang-orang di seluruh dunia yang menaruh minat yang sama dalam menggambar di lokasi tempat mereka tinggal dan bepergian.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Urban Sketchers memiliki manifesto [2] yang berbunyi:

  1. Kami menggambar di lokasi, di dalam atau di luar ruangan, menangkap apa yang kami lihat dari pengamatan langsung.
  2. Gambar kami menceritakan lingkungan, tempat kami tinggal dan bepergian.
  3. Gambar yang kami buat adalah catatan tentang waktu dan tempat.
  4. Kami jujur pada adegan yang kami saksikan.
  5. Kami menggunakan segala jenis media dan menghargai gaya individu kami.
  6. Kami saling mendukung dan menggambar bersama.
  7. Kami membagikan gambar kami secara daring.
  8. Kami menunjukkan kepada dunia, sebuah gambar pada satu waktu.

Membuat sketsa[sunting | sunting sumber]

Urban Sketchers adalah sekelompok orang dengan latar belakang beraneka ragam yang disatukan oleh minat yang sama untuk membuat sketsa. Diskusi di antara para anggota juga dimungkinkan baik secara tatap muka maupun secara virtual. Topik yang diangkat dalam diskusi misalnya perlengkapan dan bahan-bahan yang dibutuhkan saat menggambar sketsa.

Membuat sketsa di ruang publik sering memancing berinteraksi positif. Sudah umum terjadi, sketsa yang dibuat di sebuah kafe menggugah pemilik kedai untuk memberikan kopi gratis. Kadang kala pula, kegiatan sketsa berujung pada undangan untuk membuat sketsa di acara budaya yang bisa jadi sebenarnya tertutup bagi orang luar. Misalnya, sekelompok calon musisi, Flon Flon en Musette, tengah melakukan konser jalanan. Seorang Urban Sketcher yang kebetulan berada di lokasi mendokumentasikan konser itu. Sketsa yang ia buat kemudian dijadikan gambar sampul CD kompilasi grup dan si pembuat sketsa diundang ke sebuah konser pribadi.

Beberapa tahun setelah mendirikan komunitas ini, pada tahun 2011 Campanario menerbitkan sebuah buku, The Art of Urban Sketching. Isinya menyoroti ratusan karya terbaik para anggota Urban Sketchers.[1][3]

Simposium[sunting | sunting sumber]

Organisasi Urban Sketchers menyelenggarakan Simposium Urban Sketchers yang selalu berlangsung meriah. Selama tiga hari para pembuat sketsa menggambar di lokasi, menghadiri berbagai lokakarya, diskusi panel, kuliah, bertemu langsung, dan menggambar.

  • Simposium Urban Sketchers pertama di Portland, Oregon, AS tanggal 29 – 31 Juli 2010.
  • Simposium ke-2 di Lisbon, Portugal tanggal 21-23 Juli 2011, diihadiri oleh 200 orang.
  • Simposium ke-3 di Santo Domingo, Republik Dominika, tanggal 12 – 14 Juli 2012 [1]
  • Simposium ke-4 di Barcelona, tanggal 11-13 Juli 2013.[4]
  • Simposium ke-5 di Paraty, Brasil, tanggal 27–30 Agustus 2014.[5]
  • Simposium ke-6 di Singapura, tanggal 22--25 Juli 2015.[6]
  • Simposium ke-7 di Manchester, Inggris, tanggal 27-30 Juli 2016.[7]
  • Simposium ke-8 di Chicago, Illinois, AS, tanggal 26–29 Juli 2017.[8]
  • Simposium ke-9 di Porto, Portugal, tanggal 17-21 Juli 2018.[9]
  • Simposium ke-10 di Amsterdam, Belanda, tanggal 24-27 Juli 2019.[10]
  • Simposium ke-11 rencananya diselenggarakn di Hong Kong namun dibatalkan.

Lokakarya[sunting | sunting sumber]

Seniman yang berkontribusi pada Urban Sketchers dapat mengadakan lokakarya atau workshop untuk para penggemar sketsa di seluruh dunia. Lokakarya bertujuan untuk berbagi keterampilan yang diperlukan untuk berkarya. Acara ini dapat mencakup berbagai topik, seperti perspektif, panorama, dan orang-orang. Lokakarya ini dilangsungkan di lingkungan perkotaan yang sesuai dengan topik tersebut.[11]

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Urban Sketchers menciptakan banyak komunitas regional. Koresponden dari blog Urban Sketchers asli dan grup Flickr menghimpun para seniman sketsa dan mendirikan grup sketsa lokal. Kelompok-kelompok kecil juga terbentuk dan bernaung di bawah payung Urban Sketchers.

Grup Regional Urban Sketchers berfungsi mirip dengan grup global utama. Walaupun menganut manifesto yang sama, tiap-tiap kelompok regional mempertahankan individualitas lokal dan budayanya. Banyak grup memiliki blog sendiri sebagai wadah bagi para koresponden berkontribusi. Sementara grup Facebook dan Flickr dibuka bagi siapa pun yang berminat.

Komunitas Urban Sketchers aktif di banyak negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Australia.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Stetson, Nancy (July 12, 2012). "Drawn to The Art of Urban Sketching". Naples Florida Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2014. Diakses tanggal March 17, 2012. 
  2. ^ a b "Drawn Together". MyMidwest Magazine. November–December 2009. hlm. 75–76. Diakses tanggal March 17, 2013. 
  3. ^ "10 great places to sketch your vacation". USA Today: Travel. April 26, 2012. Diakses tanggal March 17, 2013. 
  4. ^ "2013 Urban Sketchers Symposium". Diakses tanggal 2013-11-24. 
  5. ^ "Urban Sketchers Symposium". Diakses tanggal 2013-11-24. 
  6. ^ "Urban Sketchers Symposium". 
  7. ^ "Urban Sketchers Symposium Manchester". 
  8. ^ "Urban Sketchers Symposium Chicago". 
  9. ^ "Urban Sketchers Symposium Porto". 
  10. ^ "Urban Sketchers Symposium Amsterdam". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-17. Diakses tanggal 2022-02-26. 
  11. ^ "Blogger". Urban Sketchers Workshops. Blogger.com. Diakses tanggal 2 November 2015. 
  12. ^ "Urban Sketchers Regional Chapters". Urban Sketchers. Blogger.com. Diakses tanggal 1 November 2015. 

Pranala eksternal[sunting | sunting sumber]