Lompat ke isi

Unjuk gagas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam pembuatan film, unjuk gagas adalah pemaparan singkat secara verbal (dan terkadang visual) mengenai sebuah ide untuk sebuah film atau serial TV yang umumnya dibuat oleh penulis skenario atau sutradara film kepada produser film atau eksekutif studio dengan harapan dapat menarik dana pembangunan untuk membayar biaya tersebut. penulisan skenario . [1]

Unjuk gagas digunakan di berbagai tahap produksi, seperti pemilahan dan persebaran, serta untuk mendesak produser film agar mendanai proyek lebih lanjut. [2] Pembuat film yang merancang promosi cenderung membuat paket produksi, yang dibagikan kepada setiap calon investor selama promosi. Paket tersebut berisi informasi dasar proyek pembuat film, seperti sinopsis plot dan nilai penganggaran. [3] Terkadang, para pembuat film akan membuat cuplikan gagasan independen sebagai bagian dari paket untuk membantu calon pemodal memvisualisasikan proyek dan visi pembuat film dengan lebih baik.

Meskipun promosi biasanya dibuat berdasarkan naskah lengkap atau telemain, produksi animasi untuk film dan televisi sering kali dibuat berdasarkan papan cerita saja. Misalnya, acara televisi animasi Phineas and Ferb diluncurkan dari papan cerita. Salah satu pendiri proyek ini, Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh, perlu meyakinkan eksekutif luar negeri The Walt Disney Company untuk memberi lampu hijau pada serial tersebut, jadi mereka menggambar papan cerita dan merekamnya sebagai kumparan. Mereka kemudian mencampurkannya dan menyulih suara dengan efek suara, suara, dan narasi, lalu mengirimkan rekamannya ke para eksekutif, yang menerimanya.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Steiff, p. 58
  2. ^ Steiff, p. 58
  3. ^ Karg, Van Over, Sutherland, p. 86