Universitas Sun Yat-sen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Sun Yat-sen
中山大学
Nama sebelumnya
Universitas Nasional Guangdong
Moto博学、审问、慎思、明辨、笃行[1]
Moto dalam bahasa Indonesia
Belajar dengan ekstensif, Bertanya dengan akurat, Renungkan dengan saksama, Bedakan dengan jelas, Praktikkan dengan sungguh-sungguh (Study Extensively, Enquire Accurately, Reflect Carefully, Discriminate Clearly, Practise Earnestly)[2]
JenisNegeri
Didirikan1924
PresidenLuo Jun
Staf akademik
12.034
Sarjana21.623
Magister14.465
Alamat
Jalan XinGangxi 135, Distrik Haizhu, Guangzhou,
,
Guangzhou (Kampus Selatan, Utara, dan Timur)/Zhuhai (Kampus Zhuhai)
, ,
510275
,
KampusPerkotaan, 6,17 km²
AfiliasiProyek 985, Proyek 211, APAIE, Union Peking
Situs webwww.sysu.edu.cn
Universitas Sun Yat-sen
Hanzi sederhana: 中山大学
Hanzi tradisional: 中山大學

Universitas Sun Yat-sen (Hanzi: 中山大学; Pinyin: Zhōngshān Dàxué), disingkat SYSU dan dalam bahasa Tionghoa percakapan sehari-hari dikenal sebagai Zhongda (Hanzi: 中大; Pinyin: Zhōngdà), juga dikenal sebagai Universitas Zhongshan, adalah sebuah universitas penelitian negeri Tiongkok utama yang terletak di Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok. Universitas ini didirikan pada tahun 1924 oleh Dr. Sun Yat-sen, seorang revolusioner dan bapak pendiri Republik Tiongkok.

Kampus utama universitas, umumnya disebut sebagai Kampus Selatan, terletak di Distrik Haizhu, Guangzhou, mewarisi kampus dari bekas Universitas Lingnan. Tiga dari empat kampusnya juga terletak di Guangzhou, termasuk Kampus Timur yang baru di Pusat Mega Pendidikan Tinggi Guangzhou, dan Kampus Utara yang berorientasi medis.[3] Universitas ini juga memiliki sebuah kampus baru di Zhuhai, yang merupakan terbesar di antara keempat kampus tersebut.

Secara konsisten menduduki peringkat di antara 10 universitas top di Tiongkok daratan,[4][5] Universitas Sun Yat-sen menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana di bidang humaniora, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, teknologi, ilmu kedokteran, farmakologi, dan ilmu manajerial.

Aset universitas ini termasuk superkomputer tercepat kedua di dunia Tianhe-2, yang bernilai 2,4 miliar yuan (CNY) (USD.390 juta).[6] Universitas tersebut juga memiliki sistem rumah sakit terafiliasi terbesar di Tiongkok daratan.[7] Kampus Zhuhai memiliki gedung pengajaran terbesar di Asia yang diukur berdasarkan luasnya dalam acre.[8]

Dua institusi pendidikan bisnis universitas, Sekolah Bisnis Sun Yat-sen (SYSBS) dan Kolese (Universitas) Lingnan terakreditasi rangkap tiga oleh EQUIS, AACSB, dan AMBA. Hanya ada 3 sekolah bisnis di Tiongkok daratan yang memiliki akreditasi rangkap tiga ini.[9]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Sun Yat-sen saat ini merupakan hasil dari beberapa merger serta pemecahan dan restrukturisasi yang melibatkan lebih dari selusin institusi akademis dari waktu ke waktu. Merger terbaru terjadi pada tahun 2001, ketika Universitas Sun Yat-sen Ilmu Kedokteran bergabung dengan Universitas Sun Yat-sen dan menjadi Kolese Ilmu Kedokteran Sun Yat-sen.

Universitas Sun Yat-sen[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1924, Dr. Sun Yat-sen mendirikan Universitas Nasional Kanton (国立广东大学) dan menggoreskan dengan tulisan tangannya sendiri moto universitas "Belajar dengan ekstensif, Bertanya dengan akurat, Renungkan dengan saksama, Bedakan dengan jelas, Praktikkan dengan sungguh-sunguh."[1][2] Setelah kematian Sun Yat-sen, pemerintahan nasional yang dibentuk pada saat kerja sama pertama antara Komunis dan Nasionalis secara resmi memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Universitas Sun Yat-sen pada 17 Juli 1926.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "校歌 校训 校徽 (Chinese)". Diakses tanggal 2014-07-14. 
  2. ^ a b "SYSU Today". Diakses tanggal 2014-07-14. 
  3. ^ http://www.sysu.edu.cn/2012/cn/zdgk/zdgk01/index.htm
  4. ^ "2012 China University Ranking: Top 100 Universities in China - China University Application Center". Diakses tanggal 18 July 2015. 
  5. ^ 张军棉. "Top 30 Chinese universities 2012". Diakses tanggal 18 July 2015. 
  6. ^ "中山大学 Sun Yat-Sen University". Sysu.edu.cn. 2013-06-19. Diakses tanggal 2013-12-21. 
  7. ^ "中山大学-学校简介". Diakses tanggal 18 July 2015. 
  8. ^ "中山大学珠海校区". sysu.edu.cn. Diakses tanggal 12 October 2015. 
  9. ^ Triple accreditation#China

Pranala luar[sunting | sunting sumber]